PENGGUNAAN VARIASI BAHASA SOSIOLEK PADA MASYARAKAT DESA PEDAGANGAN KECAMATAN TIRIS

Authors

  • Susi Nurus Sa’adah Fakultas Tadris Umum, Prodi Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Abdul Aziz Wahab Prodi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tadris Umum, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Magfirotul Hamdiah Prodi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tadris Umum, Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.185

Keywords:

variasi bahasa, sosiolek, masyarakat tiris

Abstract

Variasi bahasa adalah bentuk-bentuk bagian atau varian dari bahasa yang masing-masing memiliki pola yang menyerupai bahasa induksinya. Variasi atau keragaman bahasa disebabkan karena banyaknya bahasa yang digunakan untuk berinteraksi antarsesama masyarakat. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat sangat berpengaruh dalam perkembangan keragaman bahasa. Variasi atau keragaman bahasa juga kerap terjadi dalam masyarakat Desa Pedagangan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan variasi bahasa sosiolek pada masyarakat Desa Pedagangan Kecamatan Tiris Probolinggo. Berdasarkan tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam kajian ini dijabarkan ke dalam langkah-langkah sesuai dengan tahapan pelaksanaannya. Pelaksanaannya yaitu sebagai berikut: (1) tahap penyediaan data, (2) tahap analisis data, dan (3) tahap penyajian hasil analisis data. Ada lima jenis variasi bahasa yang terdapat dalam sosiolek yaitu (a) Basilek adalah variasi bahasa yang dianggap kurang bergensi daripada variasi sosial lainnya. (b) Vulgar adalah variasi bahasa sosial yang ciri-cirinya tampak pada tingkat intelektual penuturnya. (d) Slang merupakan variasi bahasa yang bercirikan dengan kosa kata yang baru ditentukan dan cepat berubah. (e) Kolokial merupakan variasi sosial yang digunakan oleh penutur dalam percakapan sehari-hari. (f) Jargon merupakan variasi bahasa yang digunakan oleh kelompok sosial atau kelompok pekerja tertentu dan tidak dimegerti oleh kelompok lain.

References

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Giyoto, G. (2020). Pengantar sosiolinguistik. Surakarta: FATABA Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi V. (Offline).

Sartika. (2017). Penggunaan Variasi Bahasa Sosiolek Pada Masyarakat Sulawesi-Selatan (Studi Kasus Bahasa Kotu di Kabupaten Enrekang). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah. Makassar.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Hamdiah, M. Tindak Tutur Ekspresif Tokoh Dalam Dwilogi Novel Padang Bulan Dan Cinta Di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata. Kode: Jurnal Bahasa, 11(1).

Downloads

Published

2023-03-02