ETNOGRAFI MASYARAKAT DALAM NOVEL TARIAN BUMI KARYA OKA RUSMINI: KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA

Authors

  • Winda Farahsati Prodi Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional
  • Kurnia Rachmawati Prodi Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional
  • Arju Susanto Prodi Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.163

Keywords:

kebudayaan, masyarakat, sastra, etnografi

Abstract

Hubungan sastra dan kebudayaan mempunyai ketergantungan satu sama lain. Sastra sangat dipengaruhi oleh budaya, sehingga segala hal yang terdapat dalam kebudayaan akan tercermin di dalamnya. Hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan dari kelompok masyarakat tertentu mulai dari segi tindak tutur, keyakinan, adat istiadat, interaksi antar sesama serta kebudayaan yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sistem bahasa, sistem mata pencaharian, sistem organisasi sosial, sistem kesenian, sistem religi, fenomena alam serta lokasi (latar) masyarakat yang terkandung dalam novel Tarian Bumi karya Oka Rusmini.  Dalam penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Penulis melakukan dengan dua tahapan, yaitu pengumpulan data dan analisis data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kajian antropologi sastra yang memfokuskan teori etnografi. Hasil penelitian menunjukkan adanya enam aspek etnografi yakni, sistem bahasa, sistem mata pencaharian, sistem organisasi sosial, sistem kesenian, sistem religi, fenomena alam serta lokasi (latar) masyarakat dalam novel Tarian Bumi. Sehingga, kita menjadi tahu bahwa kehidupan masyarakat Bali kaya akan tradisi dan budaya. Bahkan semua masyarakatnya masih mematuhi aturan adat istiadat yang leluhur turunkan.

References

Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Antropolgi Sastra. Penerbit Ombak.

Iqbal, M. N. (2022). Etnografi Budaya Pesantren pada Novel Perempuan Berkalung Sorban dan Novel Kambing dan Hujan. Tabasa: Jurnal Bahasa Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 3(1).

Muchamad Choirul Anam. (2022). Etnografi Dalam Naskah Drama Teater Kebo Nyusu Gudel Karya Dheny Jatmiko dan Relevansinya Dengan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Semester Genap.

Mulyadi. (2019). Etnografi Pembangunan Papua. Penerbit Deepublish.

Nofriani, D. (2018). Analisis Latar Dalam Novel Menggapai Mentari Karya Anastasia Elisa Herman.

Pradopo, T. (2013). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Dunia Pustaka Jaya PT.

Ratna, N. K. (2011). Teori Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.

Ratna, N. K. (2017). Antropologi Sastra: Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Pustaka Pelajar.

Rusmini, O. (2022). Tarian Bumi. Gramedia Pustaka Utama.

Setyorini, A. (2017). Kecantikan Dan Dialektika Identitas Tubuh Perempuan Pascakolonial Dalam Cerita Pendek China Dolls dan When Asian Eyes Are Smiling. Jurnal Ilmiah Lingua Idea, 7(2), 1–17.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.

Syakir, A. (2019). Kajian Etnografi Masyarakat Banjar Di Zaman Sultan Suriansyah Terhadap Novel Tegaknya Mesjid Kami Karya Tajuddin Noor Ganie. Jurnal Idealektik, 1(1), 2655–8491.

Wiyatmi. (2013). Sosiologi Sastra. Arkana Publisher.

Downloads

Published

2023-03-02