PERAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM PENGIMPLEMENTASIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Indra Rasyid Julianto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.166

Keywords:

Peran Guru, Guru Bahasa Indonesia, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bahasa Indonesia dalam pengimplementasian profil pelajar Pancasila. Peranan guru bahasa Indonesia dalam hal ini menakhodai proses kegiatan belajar harus menyampaikan nilai moral yang dapat diimplementasikan peserta didik di lingkungan masyarakat dan sekolahnya. Generasi muda pada saat ini mengalami penurunan atau degradasi pada moral dan nilai kearifan lokal berkat adanya globalisasi yang sangat cepat berkembangkan. Hal itu dapat berakibat pada mundurnya karakter atau jati diri anak bangsa yang perlu perhatian khusus agar hal negatif tersebut mampu tertata dalam tatanan pemahaman karakter yang baik dalam berpendidikan. Proses pembelajaran di kelas harus mendapatkan mutu yang berkualitas dalam terdukungnya representasi positif pada nilai-nilai pancasila seperti bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai pendekatan dan studi kepustakaan yang merujuk pada sumber-sumber terkait peran guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada adanya profil pelajara Pancasila. Pemberian materi yang disampaikan oleh guru bahasa Indonesia dapat mengintegrasikan profil pelajar pancasila dengan ragam kompetensi dasar yang dihadirkan pada dimensi profil pelajar pancasila dalam hal berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, bergotongroyong, kreatif, dan berkebinekaan.

Author Biography

Indra Rasyid Julianto, Universitas Negeri Semarang

Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Semarang

References

Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119.

Amalia, S. (2019). Perancangan Animasi 2D Sebagai Media Edukasi Tentang Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Untuk Remaja Tunarungu. Wimba : Jurnal Komunikasi Visual, 10(2), 107–120. https://doi.org/10.5614/jkvw.2019.10.2.4

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), 78–92.

Ariyati, D. (2020). Pembelajaran Bahasa indonesia Berbasis Literasi Digital di Era 4.0: Tantangan dan Harapan. Fkip E-Proceeding, 151–160.

Aryana, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Tuntutan kompetensi guru profesional bahasa indonesia dalam menghadapi abad 21. Semantik, 11(1), 71–86.

Aryani, Y. (2022). Peran Guru PAI dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 21 Kepahiang. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(7), 233–240.

Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis E-learning di Era Digital. Prosiding Samasta, 1(2), 56–61. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7145

Habibi, B. A. S., Herayanti, L., Putrayadi, W., & Safitri, B. R. A. (2021). PANDUAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN DARING INTERAKTIF BERBASIS KAHOOT SEBAGAI BAHAN PELATIHAN BAGI GURU. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT CAHAYA MANDALIKA (ABDIMANDALIKA) e-ISSN 2722-824X, 2(1 Juni), 23–30.

Hadi, F. R. (2021). STUDI LITERATUR: SUMBER DAN MEDIA BELAJAR DALAM PENANAMAN NILAI DAN KARAKTER SISWA SD. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 1, 65–70.

Hanum, F. F. (2019). Pendidikan Pancasila bagi Generasi Milenial. Prosiding Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia, 72–81. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/37491/1/Fulltext.pdf

Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 224–232.

Julianto, I. R. (2022). Pola Pikir terhadap Ungkapan Emosi Anak sebagai Bentuk Pengekspresian Bahasa. Pentas: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 61–68. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/pentas.v8i2.3344

Julianto, I. R. (2023a). DIGITALISASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masaliq: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 251–260. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i2

Julianto, I. R. (2023b). Integrasi Pendidikan Karakter melalui Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Klitika, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.32585/klitika.v4i2.3504

Julianto, I. R. (2023c). POTENSI APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Metamorfosa, 11(1), 71–82. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v11i1.2065

Julianto, I. R., Haryadi, H., & Nuryatin, A. (2022). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 2, 25–30. Retrieved from https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/1968

Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023). PERANAN GURU DALAM PENGIMPLEMENTASIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Prosiding Samasta, 208–2016. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/208-216

Khairunisa, & Karunia, I. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Kurikulum 2013. Prosiding Samasta, 1–6.

Lestari, R. S. (2021). PEMANFAATAN ANDROID MELALUI MEDIA ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SMK. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA), 1, 149–155.

Mardiyah, S. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 127–137.

Nashir, A., & Pratama, S. (2022). PERAN GURU ISMUBA DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA ELEMEN PROFIL PELAJAR PANCASILA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 80–90.

Qulsum, D. U. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315–330. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jkn.71741

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. EDUPEDIA, 6(1), 55–63.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 2656–5862. https://doi.org/10.36312/jime.v8i4.4095/http

Zulkarnain, D. (2019). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangka Raya. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 27. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.905

Downloads

Published

2023-03-04