PERJUANGAN HIDUP TOKOH UTAMA PADA FILM 5 CM ASPEK PSIKOLOGI SASTRA SEBAGAI BAHAN AJAR SMA

Authors

  • Titik Sudiatmi FKIP, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.181

Keywords:

bahan ajar, film 5 cm, perjuangan hidup, psikologi sastra, tokoh utama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur yang membangun seperti tema, penokohan, dan latar pada film 5 cm, mendeskripsikan perjuangan hidup tokoh utama dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra dalam film 5 cm, dan mendeskripsikan relevansi film 5 cm sebagai bahan ajar di SMA. Manfaat dari penelitian ini ialah dapat mengembangkan pengalaman dan wawasan dalam meneliti suatu karya sastra baik itu novel, cerpen, ataupun film dan bagi para calon guru serta guru dapat menyesuaikan dan merelevansikan karya sastra dengan pembelajaran di sekolah, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari beberapa artikel jurnal yang terkait dengan film 5 Cm, teori psikologi sastra, dan bahan ajar. Data dalam penelitian ini berupa berupa cerita film 5 Cm. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dengan teknik simak dan catat. Langkah-langkah penelitian ini meliputi mencari referensi artikel jurnal, menyimak film, pencatatan data, dan evaluasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) film 5 cm memiliki struktur yang membangun seperti tema, penokohan, dan latar, (2) perjuangan hidup tokoh utama dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra menurut Freud terbagi menjadi tiga aspek yaitu aspek id, ego, dan superego, dan (3) film 5 Cm dapat direlevansikan sebagai bahan ajar di SMA.

References

Azizah, N. A., Waluyo, H. J., & Ulya, C. (2019). Kajian Psikologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra Di Sma Literature Psychology Study and Character Education Value of Rantau 1 Muara Novel By Ahmad Fuadi an. Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7, 176–185.

Christian. (2019). Analisis Struktur Cerita Anak yang Terbit Tahun 2014 serta Pemanfaatan Hasilnya Sebagai Bahan Ajar Membaca Cerita Anak Siswa SMP. Jurnal Tuturan, 8(2), 62–72.

Darma, S. (2020). Analisis Karakter Tokoh Film 5 Cm Sutradara Rizal Mantovani Dengan Kajian Semiotika. Proporsi, 5(2), 184. https://doi.org/10.22303/proporsi.5.2.2020.184-197

Dewi, Y., & Mikaresti, P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Pikir Bareng dan Berbagi. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 116–128. https://doi.org/10.22437/pena.v9i1.6914

Kusmana, S., & Yatimah, Y. (2018). Kajian Struktural Dan Nilai Moral Dalam Antologi 20 Cerpen Pilihan Kompas Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Cerita Pendek Di Sma. Jurnal Tuturan, 7(1), 822. https://doi.org/10.33603/jt.v7i1.1700

Maretha, D. (2019). Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Cerita Hikayat Karya Yulita Fitriana dan Aplikasinya Sebagai Bahan Ajar Kelas X SMK Priority. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 77–81.

Riyadi, S. (2014). Penggunaan Film Adaptasi Sebagai Media Pengajaran Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 241. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v14i2.722

Samaran, P. D., Amrizal, & Lubis, B. (2018). Analisis Struktural Novel O Karya Eka Kurniawan. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(3), 310–316. http://www.bssaonline.org/content/95/6/2373%5Cnhttp://www.bssaonline.org/content/95/6/2373.short%0Ahttp://www.bssaonline.org/cgi/doi/10.1785/0120110286%0Ahttp://gji.oxfordjournals.org/cgi/doi/10.1093/gji/ggv142%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00024-01

Setiawan, M. D. (2020). Perbandingan Unsur Pembangun Cerita Novel dan Film Sang Pemimpi. Jurnal Klausa, 4(01), 19–28.

Sugiarti, Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain Sastra.

Wahyudi, T. (2017). Membaca Kemungkinan Film Sebagai Objek Penelitian Sastra. Parafrase, 17(02), 33–38.

Downloads

Published

2023-03-13