ANALISIS MAKNA SLOGAN DI LINGKUNGAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DI KOTA KENDARI

Authors

  • La Ode Akhiri Zulzaman FKIP, PBSI, Universitas Halu Oleo
  • Haris Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UHO
  • La Tike Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UHO
  • Andi Muh. Ruum Sya'baan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UHO
  • Harmin Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UHO

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.188

Keywords:

makna, slogan, lingkungan madrasah, variasi bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan (a) mendeskripsikan bentuk slogan yang terdapat di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Kendari, (b) mendeskripsikan makna yang terkandung dalam slogan-slogan di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Kendari. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi akademis dalam bidang linguistik khususnya yang berhubungan dengan analisis makna pada slogan. Serta dapat menambah khazanah keilmuan dan referensi bagi pembaca dalam menganalisis makna pada slogan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semantik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah slogan-slogan yang terdapat di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Kendari yang berupa kata atau kalimat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi (pengamatan langsung) dan teknik rekam gambar (dokumentasi/foto). Teknik analisis data dalam penilitian ini menggunakan pendekatan semantik yaitu pendekatan dengan menganalisis makna yang terdiri dari pengumpulan data, identifikasi data, klasifikasi data, interpretasi data, dan deskripsi data. Hasil dari penilitian ini, terdapat 9 slogan yang terdiri dari 4 slogan pendidikan, 2 slogan kesehatan, dan 3 slogan motivasi/nasehat. Dari 9 slogan tersebut, terdapat 3 jenis makna yang dianalisis yaitu makna leksikal, makna gramatikal dan makna kontekstual.

References

Aminuddin, 2011. Semantik: Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Chaer, Abdul. 2013. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul.2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Samin. 2016. Slogan (Pengertian, Ciri, Tujuan, Macam, Contoh dan Gambar) Http://www.artikelmateri.blogspot.co.id/2016/03/slogan-pengertian-ciri-tujuan-macam-contoh-gambar.html?=1. Di akses pada Tanggal 10 April 2018.

Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Marafad, La Ode Sidu dan Nirmala Sari, 2015. Mutiara Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pultika.

Marnetti. 2017. Analisis Gaya Bahasa dalam Slogan Lingkungan Hidup. Vol 8, No 1. http://ejurnalbalaibahasa.id/article/view465.

Muhammad. 2016. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Oka, I.G.N dan Suparno. 1994. Linguistik Umum. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan.

Pateda, Mansoer. 2010. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta

Qodratillah, Meity Taqdir, dkk. 2011. Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahayuni, Ayu Puji. 2017. Analisis Semantik Slogan-Slogan di Lingkungan Sekolah. https://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Semantik. Bandung: Angkasa.

Verhaar, J. W. M. 2010. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Pres

Downloads

Published

2023-04-11