GAYA BAHASA DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

Authors

  • Nurhikmah Kadir Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo
  • La Ode Balawa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UHO
  • Sri Suryana Dinar Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UHO

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.189

Keywords:

novel, gaya bahasa, pendekatan semantik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan menganalisis efektifitas pemakaian gaya bahasa dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy.  Data dalam penelitian ini yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan semantik, yakni tentang menjelaskan  makna bahasa yang berhubungan dengan sesuatu yang di tandai didunia. Dalam penelitian ini yang menjadi objek utama yang akan dianalisis adalah gaya bahasa dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Bumi Cinta ditemukan jenis-jenis gaya bahasa yang terdiri dari gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa penentangan, gaya bahasa penegasan dan gaya bahasa sindiran. Gaya bahasa perbandingan  dalam novel Bumi Cinta meliputi enam jenis gaya bahasa yaitu alegori, litotes, personifikasi, simile, metafora dan simbolik. Gaya bahasa penentangan dalam novel Bumi Cinta meliputi enam jenis gaya bahasa yaitu anakronisme, kontradiksio in terminis, okupasi, hiperbola, apostrof dan paradoks. Gaya bahasa penegasan mengandung tiga jenis gaya bahasa yaitu pars pro toto, polisindeton dan metonimia. Gaya bahasa sindiran meliputi tiga jenis gaya bahasa yaitu ironi, sinisme dan sarkasme. Keefektifan penggunaan gaya bahasa di dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy berdasarkan konteks pemakaian bahasanya dapat dikatakan sangat efektif. Gaya bahasa yang dipakai dalam novel tersebut tepat sasaran berdasarkan konteksnya.           

References

Adi, Ida Rochani. 2011. Fiksi Populer Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jabrohim. 2014. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keraf, Gorys. 2004. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Semarang: Nusa Indah.

Khusnin, Mukhamad. 2012. Gaya Bahasa Novel Ayat-Ayat Cinta karya karya Habiburrahman El Shirazy dan Implementasinya Terhadap Pengajaran Sastra di SMA. Diambil tanggal 11 Agustus 2018 dari: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka

Mahayana, Maman S. 2008. Bahasa Indonesia Kreatif. Jakarta: Penaku.

Minderop, Albertine. 2013. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2013. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwandari, Retno dan Qoni’ah. 2012. Buku Pintar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Familia.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siswantoro. 2014. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suneki, Sri dan Haryono. 2012. Paradigma Teori Dramaturgi Terhadap Kehidupan Sosial. Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume II, No 2.

Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Garudhawaca: Online Book Publishing.

Wiwaha, Arjuna. Teori Dramaturgi Erving Goffman. 2013. http://studyandlearningnow.blogspot.com/2013/01/teori-dramaturgi-erving-goffiman.html?m=0. Di akses 7 Januari 2019.

Downloads

Published

2023-04-11