ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DALAM TRIBUNNEWS DAN DETIK.COM PADA BULAN FEBRUARI 2023

Authors

  • Sekar Rahmawati Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Armariena Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Palembang
  • Hayatun Nufus Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v9i2.381

Keywords:

Analisis wacana kritis, posisi subjek-objek, posisi penulis-pembaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan posisi subjek dan objek serta posisi penulis dan pembaca dalam pemberitaan pelecehan seksual di media online Tribunnews dan Detik.com. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Fokus penelitian ini adalah pemberitaan media online mengenai peristiwa pelecehan seksual terhadap perempuan yang terbit pada bulan Februari 2023. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis pemberitaan pelecehan seksual yang diberitakan oleh media online Tribunnews dan Detik.com dengan menggunakan Analisis Wacana Kritis Sara Mills ( pendekatan AWK). . Hasil penelitian menunjukkan adanya Posisi Subjek-Objek Penulis dan Pembaca yang sesuai dengan Analisis Wacana Kritis Sara Mills.

References

Anisah, N. (2017). Representasi Ketidakadilan Gender Karya Djenar Maesa Ayu. September, 1–14.

Eriyanto. (2012). Anlisis Framing: Komunikasi, Ideologi dan Politik Media. LKIS.

Fauzan, U. (2014). Analisis Wacana Kritis dari Model Faiclough Hingga Mills. 6(1), 1–23.

Isnaini, A. S. (2017). Politik tubuh perempuan dalam cerpen (analisis wacana sara mills tentang politik tubuh perempuan dalam cerpen jangan main-main dengan kelaminmu karya Djenar Maesa Ayu). 01, 1–23.

Moeloeng. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja. Rosdakarya.

Noor Ahsin, M., & Warsi Nugraheni, M. (2022). Analisis Sara Mills dalam Pemberitaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Riau Pada Berita CNNindonesia.com. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 119–135. https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.11

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sumera, M. (2013). Perbuatan Kekerasan/ Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan.

Supanto. (2004). Pelecehan seksual sebagai kekerasan gender:antisipasi hukum pidana. XX(3), 288–310.

Trianto. (2011). Panduan lengkap penelitian tindakan kelas: teori dan praktik (clasroom action research). Prestasi Pustakarya.

Wardani W Septian, P. D. dan L. R. J. (2019). Analisis Wacana Feminisme Sara Mills Program Tupperware She Can! On Radio (Studi Kasus Pada Radio Female Semarang). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Volume 4 Nomor 2.

Wodak, R. & M. M. (2015). Methods of critical discourse analysis(3rd ed.). SAGE publications.

Downloads

Published

2024-04-04