REFLEKSI SOSIAL DALAM KUMPULAN PUISI PERJAMUAN KHONG GUAN KARYA JOKO PINURBO

Authors

  • Hartati Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia_Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan_Universitas Halu Oleo
  • Irianto Ibrahim Universitas Halu Oleo
  • La Tike Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v9i2.427

Keywords:

refleksi sosial, puisi, sosiologi sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan refleksi sosial dalam kumpulan puisi Perjamuan Khong Guan karya Joko Pinurbo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dilakukan untuk memudahkan dalam mendapatkan informasi mengenai refleksi sosial yang terdapat dalam puisi Agama Khong Guan, Doa Khong Guan, Doa Orang Sibuk yang 24 Jam Sehari Berkantor di Ponselnya, Malam Minggu di Angkringan, Wawancara Kerja, Demokrasi, Pesta, Uang Minnah, Kabar Burung, Senja Minnah, dan Aku Tuh Minnah karya Joko Pinurbo. Adapun hasil dari penelitian ini terdapat refleksi sosial pada aspek budaya yang meliputi kepercayaan/agama dan politik dalam puisi Agama Khong Guan, Doa Khong Guan, Doa Orang Sibuk yang 24 Jam Sehari Berkantor di Ponselnya, Malam Minggu di Angkringan, Wawancara Kerja, Demokrasi, dan Pesta. Refleksi sosial pada aspek lingkungan sosial yang meliputi hubungan sosial dan profesi dalam puisi , Uang Minnah dan Kabar Burung. Refleksi sosial pada aspek ekonomi yang meliputi gaya hidup dalam puisi Senja Minnah, dan Aku Tuh Minnah karya Joko Pinurbo.

References

Abidin, Kurnianti. (2017). Pengantar Sosiologi & Antropologi. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Farhan. (2022). Perjamuan Khong Guan Karya Joko Pinurbo. 7(2).

Ginting, S. F., Saragih, C. E. B., & Febriana, I. (2023). Nilai Moral dalam Novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra SMP. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 1–16.

Kasmawati, Isnaini, H., Muhammadiah, M., Septriani, Bakri, Sudaryati, S., Taufik, M., Puspidalia, Y. S., & Arianto, T. (2023). Teori Sastra. 3–3.

Kholifatu, A. A., Icha, F. (2022) Buku Ajar Sastra Indonesia. Indonesia Emas Group: Bandung.

Kartikasari, A., & Suprapto, E. (2018). Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). In Cv. Ae Media Grafika (Vol. 1).

Maghfiroh, D. L., & Mustofa, A. (2023). Refleksi Sosial dan Kontemplasi Pendidikan Karakter dalam Novel Sampah di Laut, Meira Karya Mawan Belgia. Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah …, 14(April), 86–103.

Marwantina, D. J. (2022). Refleksi Permasalahan Sosial Dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari: Kajian Sosiologi Sastra.

Miranti, D. R. (2012). Jurnal penelitian aspek sosial dalam novel. 12.

Nasution, W. (2016). Kajian Sosiologi Sastra Novel Dua Ibu Karya Arswendo Atmowiloto :Suatu Tinjauan Sastra. IV, 1–23.

Nelsilianti, Halimah, P. S., & Ridwan. (2023). Refleksi Sosial Dalam Novel Manusia & Badainya( Perjalanan Menuju Pulih ) KARYA Syahid Muhammad. 7(2), 156–164.

Oktaviana, E. (2019). Pengajaran menulis puisi menggunakan metode picture and picture.

Putra, C. R. W. (2018). Cerminan Zaman Dalam Puisi ( Tanpa Judul ) Karya Wiji Thukul : Kajian Sosiologi Sastra. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajaranya, 4(1), 12–20.

Putri, G. P., & Rengganis, R. (2022). Refleksi Sosial Masyarakat Indonesia Pada Mini Album Beberapa Orang Memaafkan Band .Feast Prespektif Alan Swingewood. Sapala, 9(1), 63–78.

Pinurbo Joko. (2020). Kumpulan Puisi Perjamuan Khong Guan. Jakarta: Gramedia Pustaka

Pujileksono, Sugeng. (2018). Pengantar Sosiologi. Intrans Publishing: Malang, Jawa Timur.

Pramestie, H. R., Chamalah, E., & Azizah, A. (2021). Analisis Buku Puisi “Perjamuan Khong Guan” Karya Joko Pinurbo: Kajian Sosiologi Sastra. DIKLASTRI : Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia Dan Sastra Indonesia, 2(1), 23–36. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/diklastri

Riskiawati, H. L., Islam, U., Hasan, Z., Islam, U., Hasan, Z., & Timur, J. (2023). Analisis intertekstual dalam puisi doa karya chairil anwar dan karya taufik ismail. 1(1), 18–25.

Supriyanto. (2021). Pembelajaran Puisi, Apresiasi dari dalam Kelas. Deepublish (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA): Yogyakarta.

Sujarwa. (2019). Model & Paradigma Teori Sosiologi Sastra. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 39.

Suryanata, I. P. G., Komang, N., & Marhaeni, S. (n.d). Peran Sastra Bali dalam Perwujudan Nilai Budaya pada Cerita Pewayangan.1-9.

Saymona, A., Missriani, M., & Fitriani, Y. (2022). Aspek Sosial dan Nilai Moral Dalam Novel Sakura Dalam Pelukan Karya Auni Fa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 709–715.

Suwardi, M. H. (2011). Bahan Kuliah Sosiologi Sastra. 1–193.

Wasidatun, R., Azizah, R. N., & Wafa, I. (2023). Pendekatan Mimetik dalam Antologi Puisi Surat dari Ibu Karya Asrul Sani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3917-3925.

Downloads

Published

2024-04-01