KESANTUNAN BERBAHASA DALAM BINCANG PAGI DI PRO 1 RRI BUKITINGGI

Authors

  • Rifa Indriani Universitas Negeri Padang
  • Tressyalina Universitas Negeri Padang
  • Marzni Mohamed University Putra Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v9i2.464

Keywords:

sopan santun, bincang pagi, RRI Bukti tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam pembicaraan pagi di PRO 1 Radio Republik Indonesia Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah kalimat-kalimat mengandung kesantunan berbahasa yang terdapat pada talkshow pagi di PRO 1 Radio Republik Indonesia Bukittinggi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mentranskripsikan data yang ada dari berbagai sumber ke dalam bahasa tertulis, (2) mengklasifikasikan data berdasarkan tujuan penelitian (3) menganalisis data sesuai tujuan penelitian, dan (4) merumuskan temuan penelitian. Ada dua temuan dalam penelitian ini. Pertama, berdasarkan analisis kesantunan berbahasa ditemukan tiga pemenuhan maksim kesantunan, yaitu maksim pujian, maksim persetujuan, dan maksim kebijaksanaan. Namun dari tiga maksim yang ditemukan pada ceramah pagi di PRO 1 RRI Bukittinggi, maksim yang paling dominan atau paling sering ditemukan adalah maksim kesepakatan. Hal ini dikarenakan dalam wawancara banyak terdapat pernyataan-pernyataan yang disepakati oleh kedua belah pihak, baik pembicara maupun lawan bicaranya.

References

Asep, S., Junita & Sary, S. (2019). “Analisis Kesantunan Berbahasa pada Novel “Me and My Heart” Karya Eva Riyanti Lubis”. Jurnal Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2 (3) hal 339-348.

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta : Rineka Cipta

Chaer, A. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Inayah, W. (2020). “Kesantunan Berbahasa dalam Tuturan Film My Stupid Boss 1”. Jurnal Sastra Indonesia: UNNES. Vol 9 (1) hal 21-27.

Leech, G. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, L, J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oka & Suparno. (1994). Linguistik Umum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Onong, U.E. 1990 Radio Siaran Teori dan Praktik. Bandung: Mandar Maju.

Pranowo. (2012). Berbahasa Secara Santun. Yongyakarta: Pustaka Pelajar.

Regina, W, P. (2019). “Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Acara Kick Andy dengan Tema Keluargaku Kekuatanku”. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sumarsono & Paina, P. 2004. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulianti,W (2019). “Kesantunan Berbahasa Penyiar Radio di Surakarta”.

Yule, G. (1996). Pragmatics. London: Oxford University Press.

Downloads

Published

2024-04-04