PERAN CHANNEL YOUTUBE “KINDERFLIX” DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 12 – 24 BULAN KAJIAN PSIKOLINGUISTIK
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v9i2.505Keywords:
perkembangan bahasa, anak, KinderflixAbstract
Perkembangan bahasa yaitu perkembangan bahasa anak sejak anak lahir. channel youtube kinderflix adalah salah satu channel yang berisi video edukasi untuk balita yang disajikan lebih fokus pada tahap perkembangan bahasa anak. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran channel youtube kindeflix dalam mendukung perkembangan anak. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi pada responden dengan memberikan tayangan konten Kinderflix selama 30 menit setiap hari selama 5 hari. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, seleksi dan penyuntingan, pengkodean dan penyajian data. Adapun hasilnya yaitu anak bisa bertepuk tangan, berekspresi sedih atau senang, menghentakkan kaki, menirukan burung terbang, menirukan kelinci melompat, menganggukkan kepala bermakna iya, menggelengkan kepala bermakna tidak. Adapun perbendaharaan kosakata yang didapatkan yaitu kata mama, papa, hoye (hore), menyebut huruf alfabet (A, I, O saja), kelinci, pala (kepala), menirukan suara kucing (miwu) dan sapi (moo), berhitung dari 1-3 saja (tu, dua, ga).
References
Abdussamad Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Cv Syakir Media Press.
Agustiningrum, H., Huseini, M., & Subarsa, K. Y. P. (2021). Pola Komunikasi Dan Norma Penggunaan Internet Pada Orang Tua Terhadap Kecanduan Anak Dalam Penggunaan Youtube Di Era Digital. J-Ika, 8(1), 31–42. Https://Doi.Org/10.31294/Kom.V8i1.9808
Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. Https://Doi.Org/10.30595/Mtf.V7i1.9741
Chaer Abdul. (2015). Psikolinguistik : Kajian Teori. Pt Renika Cipta.
Erisa Kurniati. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 4.
Kholilullah, Hamdan, H. (2020). Www.Ejournal.Annadwahkualatungkal.Ac.Id 75 | P G E. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(Juni), 75–94.
Mar’at Samsunuwiyati. (2015). Psikolinguistik : Suatu Pengantar (Keempat). Pt Refika Aditama.
Oktari, R. (2023). Dampak Konten Youtube Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Journal On Teacher Education, 5(1), 528–537. Http://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jote/Article/View/19387%0ahttp://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jote/Article/Download/19387/14338
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Pertama). Alfabeta Bandung.
Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. (Japra) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (Japra), 4(1), 43–62. Https://Doi.Org/10.15575/Japra.V4i1.10940
Widyatnyana, K. N., & Rasna, W. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 10 No 2 , Oktober 2022 Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 10 No 2 , Oktober 2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 230–231. Https://Ejournal2.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jurnal_Bahasa/Article/View/695