STRUKTURALISME NOVEL SUNSET BERSAMA ROSIE KARYA TERE LIYE

Authors

  • Nur Rohmah Pendidikan Bahasa Indonesia, PGRI Adi Buana
  • Resdianto Permata Raharjo Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Magfirotul Hamdiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Tadris Umum, Universitas Islam Zainul Hasan

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v7i2.110

Keywords:

Novel Sunset Bersama Rosie, Struktural, unsur interinsik

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis teori struktural karya sastra yang terkandung dalam Novel “Sunset Bersama Rosie” karya Tere Liye. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan struktural. Novel “Sunset Bersama Rosie”  ini yakni bertema cinta dan pengorbanan, alur atau plot yang terkandung di dalamnya yakni alur regresif atau campuran, latar atau setting yang tergambar di dalam novel tersebut yakni latar tempatnya Jakarta, Jimbaran Bali, Dreamland, Kuta, Seminyak, Bandara, Pelabuhan, Apartemen Tegar, Rumah Sekar, Resor Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Danau Segara Anakan, Shelter, dan rumah sakit, sedangkan latar waktu yang tersirat yakni pagi, siang, sore, dan malam, pula latar suasananya tersirat tokoh-tokoh di dalamnya merasa senang, sedih, perasaan tegang, bersyukur, dan romantis. Adapun tokohnya meliputi Tegar, Rosie, Nathan, Sekar, Anggrek, Sakura, Jasmine, Lili, Oma, Mitchell, Clarice, dan Lian. Amanat yang disampaikan yakni tidak boleh menyia-nyiakan suatu kesempatan, menghindari amarah yang mengganggu saat mengambil keputusan, dan belajar dari masa lalu. Novel “Sunset Bersama Rosie” Suatu karya sastra yang baik  yang mampu meninggalkan suatu pesan dan kesan bagi pembacanya. Di samping itu mampu memberi manfaat atau kegunaan, yaitu kekayaan batin, wawasan kehidupan, dan moral.

References

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Nurgiyanto, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Samaran, PD. “Analisis Struktural Novel O Karya Eka Kurniawan”, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/download/6786/3385, diakses pada 14 Desember 2021 pukul 12.11.

Unand, Scholar. “BAB I PENDAHULUAN”, https://scholar.unand.ac.id/17549/2/BAB%20I.pdf, diakses pada 14 Desember 2021 pukul 13.00.

Anakui. “Biografi Tere Liye, Lulusan Akuntansi UI yang menjadi Penulis Novel Terkenal”, https://www.google.co.id/amp/s/www.anakui.com/biografi-tere-liye-lulusan-akuntansi-ui/amp/, diakses pada 14 Desember 2021 pukul 14.15.

Kudo, Edenia. “Resensi Sunset Bersama Rosie”, https://www.scribd.com/document404181491/Resensi-Sunset-Rosie, diakases pada 14 Desember 2021 pukul 19.00.

Downloads

Published

2022-04-17

How to Cite

Nur Rohmah, Resdianto Permata Raharjo, & Magfirotul Hamdiah. (2022). STRUKTURALISME NOVEL SUNSET BERSAMA ROSIE KARYA TERE LIYE. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 7(2), 245–250. https://doi.org/10.36709/bastra.v7i2.110