NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY (PERSPEKTIF STRUKTURASI GIDDENS)

Authors

  • Haswinda Harpriyanti Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan STKIP PGRI Banjarmasin, Indonesia
  • Arisni Kholifatu Amalia Shofiani Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Raras Hafiidha Sari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v7i2.117

Keywords:

nilai pendidikan, strukturasi giddens

Abstract

Penelitian ini mengangkat nilai pendidikan dalam novel Ayat-ayat Cinta karya Habiburahman El Shirazy dalam perspektif strukturasi Giddens. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik baca, catat, dan teknik studi pustaka. Teori yang digunakan yakni teori stukturasi Giddens. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga dimensi strukturasi dalam pandangan Giddens yang dapat mengungkap nilai pendidikan dalam novel Ayat-ayat Cinta, yaitu pertama, pemehaman terhadap suatu peristiwa yang memunculkan banyak nilai pendidikan diantaranya nilai pendidikan religus dengan taat untuk menjalankan shalat berjamaah dan di awal waktu. Kedua, moralitas atau arahan yang tepat untuk berbuat sesuatu dapat mengungkap nilai pendidikan menolong orang lain yang membutuhkan dan mau berkorban demi kebahagiaan orang lain, meskipun harus mengorbankan kebahagiaan dirinya tanpa memandang perbedaan suku, agama, dan budaya. Ketiga, kekuasaan dalam bertindak/cara agen mencapai suatu keinginan yang mengungkapkan nilai pendidikan multikultural yakni saling menghormati sesama manusia tanpa memandang perbedaan suku, bangsa, dan budaya.

References

Bertens, K. 2007. Etika. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

El Shirazy, Habiburrahman. 2008. Ayat-ayat Cinta (sebuah Novel Pembangun Jiwa. Jakarta: Republika.

Giddens, Anthony. 2009. Kapitalisme dan teori sosial modern suatu analisis karya tulis Marx, Durkheim dan Max Weber. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Giddens, Anthony. 2011. Teori Strukturasi : Dasar-dasar Pembentukan Struktur Sosial Masyarakat. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Poespoprodjo. 1999. Filsafat Moral. Bandung: Pustaka Grafika.

Ratna, Nyoman Kutha. 2012. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka.

Elly, Uci Kholidah dan Siti Hardiyanti Amri. (2019). Etnosentrisme dalam Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka dalam Presfektif Strukturasi Giddens. Poetika: Jurnal Ilmu Sastra. Vol. VII. No. 1. 90-104.

Grinith, Virry. 2015. Nilai-nilai Moral dalam Novel Habiburrahman El Shirazy (tinjauan Stuktural Genetik). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra: BAHTERA, 202-217.

Wulandar, Suci.,dkk. 2014. Novel Ayat-ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy dan Novel Kasidah-kasidah Cinta Karya Muhammad Muhyidin (Kajian Intertekstual dan Nilai Pendidikan). Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya Volume I Nomor 3, 562-572.

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Haswinda Harpriyanti, Arisni Kholifatu Amalia Shofiani, & Raras Hafiidha Sari. (2022). NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY (PERSPEKTIF STRUKTURASI GIDDENS). Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 7(2), 311–320. https://doi.org/10.36709/bastra.v7i2.117