PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT (PCP) BERBANTUAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v10i4.1370Keywords:
Point Counter Point (PCP) Model assisted by Instagram social media, Writing Skills, Argumentative TextAbstract
This study aims to (1) Analyze argumentative writing skills without using the Point Counter Point (PCP) learning model assisted by Instagram social media for class XI students of SMA Negeri 1 Kisaran, (2) Analyze argumentative text writing skills using the Point Counter Point (PCP) learning model assisted by Instagram social media for class XI students of SMA Negeri 1 Kisaran, (3) Analyze the effect of using the Point Counter Point (PCP) learning model assisted by social media on writing argumentative texts for class XI students of SMA Negeri 1 Kisaran. This study involved all 357 class XI students of SMA Negeri 1 Kisaran, with a sample of 72 people divided into two classes: the control class (36 people) and the experimental class (36 people). The assessment instruments used included the introduction, the content (argument body), the closing, denotative sentences, verbs, adverbs, and conjunctions. The experimental method used was a two-group post-test design with a quantitative approach, and used data analysis techniques such as analysis requirements tests, normality tests, homogeneity tests, and hypothesis tests. The results of the study showed that the skill of writing argumentative texts using the Point Counter Point (PCP) learning model assisted by Instagram social media had a significant impact, as evidenced by the tcount value > ttable, namely 7.5703 > 2.03224, indicating a significant influence on the skill of writing argumentative texts of class XI students of SMA Negeri 1 Kisaran.
References
Agnes D.R., (2022). “Penerapan Model (PCP) dengan Penggunaan Media Google Meet untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi”. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 3(1), 1-11.
Ambarsari, Zukhruf. 2020. Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Pada Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020. Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Guna Mendukung Merdeka Belajar pada Era Revolusi Industry 4.0 dan Society: 81-85. Medan: Universitas Negeri Medan.
Angely N.R. dkk. (2023). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur)”. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(6), 749-755.
Anissa D.U. dkk. (2024). “Struktur dan Ciri-Ciri Teks Argumentasi dalam Bahasa Indonesia: Analisism dan Contoh”. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(3), 234-243.
Asep A.M. dkk. (2019). “Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembelajaran Kanji”. Journal Of Japanese Language Education & Linguistics, 3(2), 181-191.
Atmojo, I.K. (2020). Instrumen Penelitian. Jawa Timur: Mahameru Press.
Azhari, Muhammad Taufiq. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Medan: CV. Widya Puspita.
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dewi S. dkk. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Point Counter Point melalui Pendekatan SCL terhadap Hail Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 5 Padangsidempuan”. Jurnal ESTUPRO, 8(1), 1-6.
Elfira H. (2017). “Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Point Counter Point Menggunakan Poster Session terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba”. 31.
Eliza. (2022). “Penerapan Metode Point Counterpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Kontrol Diri”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(2), 95-103.
Ellena N.A. dkk. (2023). “Pengembangan Media Berbasis Instagram pada Materi Keragaman Budaya Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(2), 86-93.
Fadilah, N. (2022). Pengaruh Instagram sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Cilacap Tahun Pelajaran 2020/2021 (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.
Febrisa D. dkk. (2024). “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Argumentasi dengan Metode Four Square pada Siswa Kelas XI”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(1), 83-92.
Feranti, N. (2024). ”Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan MenulisTeks Argumentasi Kelas XI SMA”. Jurnal Basataka, 7(2), 731-743.
Hasan, Muhammad. dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Husna, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Field Trip terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Argumentasi Siswa Kelas V SD Inpres Tamanyeleng Kabupaten Gowa (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.
Intan N. (2021). “Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Bahasa Arab”. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 217-229.
Lestari, P.A. (2022). “Pengaruh Penggunaan Model Point Counter Point terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 1 Padang Sago”. Jurnal Bahasa , Sastra, dan Pengajaran, 3(2), 390-398.
Marwati, Heni. dkk. (2021). “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI. Jakarata. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Moh, A.A. dkk. (2022). “Efektifitas Metode Point Counterpoint untuk Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VI pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlul Ulum Sidoarjo. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 28-42.
Ni Made L.M. dkk, (2021). “Media Sosial dan Pembelajaran: Study Efektifitas Instagram dalam Pembelajaran Bahasa Inggris”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 7(2), 375-382.
Nur H.I. (2018). Model Pembelajaran Point Counter Point dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Pangkep (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.
S, Arden. dkk. (2023). Model-model Pembelajaran. Klaten: Lakeisha
Siti A.H. dkk. (2022). “Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Mahasiswa dengan Metode WH-Questions”. Jurnal Ilmiah Korpus, 6(3), 278-284.
Siti J. dkk. (2022). “Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional”. Jurnal Religion Education Social Laa Roiba, 4(1), 133-144.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta.
Syifa N.R. dkk. (2022). “Pengaruh Media Video terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMK Kebon Jeruk”. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 15(1), 45-54.
Yulia F. dkk. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang”. Jurnal PBSI, 5(2), 548-554.