PENERAPAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v10i4.1573Keywords:
Number Head Together (NHT); animated video; narrative text; cooperative learningAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) yang dipadukan dengan media video animasi terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kombinasi model NHT dengan media video animasi dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa serta membandingkan hasilnya dengan metode konvensional. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis siswa, yang terlihat dari kesulitan mereka dalam menuangkan ide dan gagasan ke dalam tulisan. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan pengukuran pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian dan observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Sampel penelitian terdiri atas 45 siswa yang dipilih secara purposive sampling dari populasi sasaran, kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (yang mendapat perlakuan) dan kelompok kontrol (yang menggunakan metode konvensional). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model NHT yang didukung oleh media video animasi memberikan peningkatan positif sebesar 23,7% pada kemampuan menulis narasi siswa. Selain itu, hasil uji N-Gain pada kelompok eksperimen mencapai 46,26%, yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan bantuan media video animasi terbukti sebagai alat pembelajaran yang efektif.
References
Abidin, Z. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Metode Mind Mapping. Jurnal Ilmiah SARASVATI, 3(1).
Akbar, R., Siroj, R. A., Win Afgani, M., & Islam Negeri Raden Fatah Palembang Abstract, U. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 2023(2), 465–474. https://doi.org/10.5281/zenodo.7579001
Alfaroh, M., & Putri Sayekti, S. (2023). Penerapan Metode Team Quiz Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Model NHT (Number Head Together) dalam Meningkat Semangat Belajar Siswa di MI Al Hidayah CA.
Alifa, N. S. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SDN Kedaleman IV The Development of Video of Learning Animation based on Kinemaster to Improve Cognitive Skills in Science Subject.
Anjelita, P., Rizhardi, R., & Hermansah, B. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Menulis Karangan Narasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SDN 21 Sembawa.
Asmoro, A. I., & Muhammad, A. F. N. (2023). Problematika Dan Solusi Menulis Teks Narasi bagi Peserta Didik Kelas Tinggi. Jurnal Basicedu, 7(5), 2880–2885. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5751
Barutu, A., Rahimah, D., & Herawty, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. In Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) (Vol. 1, Issue 2).
Eser, R. S., & Ayaz, H. (2021). The effects of creative writing activities on narrative text writing skills and advanced reading awareness. Research in Pedagogy, 11(2), 639–660. https://doi.org/10.5937/istrped2102639e
Habibi, M., Sukirno, Taufina, Sukma, E., Suriani, A., & Putera, R. F. (2020). Direct Writing Activity: A Strategy in Expanding Narrative Writing Skills for Elementary Schools. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4374–4384. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081003
Hamdiyah, L., & Puspitasari, N. A. (2023). Media Pembelajaran Animasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 79–85. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4330
Hanifatul, H., Mulyati, H. S., & Suprijadi, D. (2019). Improving Students’ Ability To Write Narrative Text Through Picture Serie. 2(5).
Hasbiyalloh, A. S., Harjono, A., & Verawati, N. N. S. P. (2017). Pengaruh model pembelajaran ekspositori berbantuan scaffolding dan advance organizer terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 173-180.
Juliawati, H., & Darmawati, D. M. (2022). Pengaruh Model NHT dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8146–8153. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3761
Mahfuzah, T., & Mahmuddin. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Model PBL, NHT. 01, 81–90.
MS, Z., & Rachmadtullah, R. (2019). Constructivism Approach in Learning to Write Narrative at Elementary School.
Ngadino. (2018). Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Dengan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas Sekolah Dasar. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 4(2).
Ngongo, A. M. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Kimia. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.6563799
Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2020). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165–177. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542
Priyatno, H., Hadiyanto, & Indryani. (2024). Studi Review Penelitian Tindakan Kelas dengan Model Pembelajaran NHT (Number Head Together) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. 8(6), 4489 4498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i6.8934
Pujo, M., Nurasiah, I., & Lyesmaya, D. (2019). Penerapan Model Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Di Kelas Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Teknologi, 13(1).
Rai, N., & Thapa, B. (2015). A Study On Purposive Sampling Method In Research. http://study.com/academy/lesson/what-is-sampling-in-research-definition-methods-importance.html,
Zativalen, O., & Humairah. (2021). Implementasi Metode Number Head Together (NHT) Pada Pembelajaran Tematik. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, Vol 2(1) 2021.