PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA NOVEL SI ANAK BADAI KARYA TERE LIYE

Authors

  • Nova Ade Ariyanto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Suparmin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Muhlis Fajar Wicaksana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.180

Keywords:

nilai pendidikan karakter, novel, implikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskirpsikan pendidikan karakter dalam tokoh utama novel Si Anak Badai karya Tere Liye, 2) mengimplikasikan novel sebagai bahan ajar di SMA untuk kelas XII semester genap. Penelitian ini menggunakan metode deksirptif kualitatif. Sumber data diambil dari novel Si Anak Badai karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pustaka, baca, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Menggunakan pendekatan wacana kritis yang dilihat dari penggalan kalimat yang disesuaikan dengan topik dalam penelitian. Hasil penelitian ini 1) memiliki 10 nilai pendidikan karakter yang terdiri dari relegius, jujur, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab 2) implikasi disesuaikan dengan silabus dan RPP dengan tinjauan KD 3.1. menganalisis nilai novel baik secara lisan maupun tulisan dengan analisis nilai pendidikan karakter yang ada pada novel Si Anak Badai karya Ter Liye untuk kelas XII semester genap. Penelitian ini sangat menarik untuk di kaji dan hasilnya bisa diimplikasikan untuk bahan ajar sastra di SMA terkhusus untuk kelas XII semester genap yang sudah disesuaikan dengan kompetensi yang dituju, serta nilai pendidikan karakter yang ada bisa menjadi contoh yang baik untuk berkehidupan di masyarakat.

References

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Edisi Keempat) Jakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Handayani, C. S., Sudiatmi, T., Suparmin (2022). Education of the Character of the Main Characters in the Novel Merasa Pintar, Bodoh Saja Tak Punya by Rusdi Mathari (Analysis of Literature Psychology). Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 1-10.

Juanda, J. (2014). Pembelajaran Sastra Anak Sebagai Pendidikan dan Karakter di Sekolah Dasar Kajian Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Liye, Tere. (2019). Si Anak Badai. Bandung: PT. Gramedia.

Nurgiyanto, Burhan. 2010. Teori Pengkaji Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mukmini, R. (2015). Menulis Buku Ajar Bandung: CV Indocomm.

Pradana, P. R., Suparmin, S. (2021). Pendidikan Karakter pada Tokoh Utama dalam Novel Bara karya Febrialdi Rusdi sebagai Bahan Ajar di SMK. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, dan Pembelajarannya (Salinga). 130-135.

Praptiwi, F. (2017). Pendidikan Karakter Tokoh Utama Dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karangan Ira Madan dan Semester Pertama Di Malory Towers Karangan Enid Blyton. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 234–252. https://doi.org/10.21009/aksis.010206

Ramadani, F., Muryati, S., & Suparmin, S. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Teks Novel Untuk Daring Kelas XII Tahun Pelajaran 2020/2021 (Studi Kasus di SMAN 1 Nguter Kab. Sukoharjo). Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS). Vol. 3, hlm. 291-298.

Saddhono, K., Waluyo, H. J., & Raharjo, Y. M. (2017). Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra Serta Relevansinya dengan Materi Ajar Di Sma. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 16–26. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8627

Saputri, L. C. (2020). Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. Klitika: JurnalIlmiahPendidikanBahasadanSastra Indonesia, 2(2), 1–13.

Sudewo, E. (2011). Character Building. Jakarta: Republika.

Sugiyanto, R. (2007). Teori Fiksi Robert Stanton Diterjemahkan oleh Sugihastuti dan Rossi Abi Al Irsyad. Cet ke-1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta Edisi Cet.26, (334)

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yanti. (2015). Religiusitas dalam novel Ratu Yang Bersujud Karya Amrizal Mochamad Mahdawi. Vol 3 (2015).

Zakiyyah, Y. S. (2020). Kajian Feminisme Perspektif Radikal Novel Kartini Karya Abidah El Khalieqy dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Sastra di Sekolah Menengah Atas. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12.

Downloads

Published

2023-03-11

How to Cite

Nova Ade Ariyanto, Suparmin, & Muhlis Fajar Wicaksana. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA NOVEL SI ANAK BADAI KARYA TERE LIYE . Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(2), 254–259. https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.180