PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA NOVEL SI ANAK BADAI KARYA TERE LIYE
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.180Keywords:
nilai pendidikan karakter, novel, implikasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskirpsikan pendidikan karakter dalam tokoh utama novel Si Anak Badai karya Tere Liye, 2) mengimplikasikan novel sebagai bahan ajar di SMA untuk kelas XII semester genap. Penelitian ini menggunakan metode deksirptif kualitatif. Sumber data diambil dari novel Si Anak Badai karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pustaka, baca, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Menggunakan pendekatan wacana kritis yang dilihat dari penggalan kalimat yang disesuaikan dengan topik dalam penelitian. Hasil penelitian ini 1) memiliki 10 nilai pendidikan karakter yang terdiri dari relegius, jujur, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab 2) implikasi disesuaikan dengan silabus dan RPP dengan tinjauan KD 3.1. menganalisis nilai novel baik secara lisan maupun tulisan dengan analisis nilai pendidikan karakter yang ada pada novel Si Anak Badai karya Ter Liye untuk kelas XII semester genap. Penelitian ini sangat menarik untuk di kaji dan hasilnya bisa diimplikasikan untuk bahan ajar sastra di SMA terkhusus untuk kelas XII semester genap yang sudah disesuaikan dengan kompetensi yang dituju, serta nilai pendidikan karakter yang ada bisa menjadi contoh yang baik untuk berkehidupan di masyarakat.
References
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Edisi Keempat) Jakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Handayani, C. S., Sudiatmi, T., Suparmin (2022). Education of the Character of the Main Characters in the Novel Merasa Pintar, Bodoh Saja Tak Punya by Rusdi Mathari (Analysis of Literature Psychology). Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 1-10.
Juanda, J. (2014). Pembelajaran Sastra Anak Sebagai Pendidikan dan Karakter di Sekolah Dasar Kajian Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Makasar: Universitas Negeri Makasar.
Liye, Tere. (2019). Si Anak Badai. Bandung: PT. Gramedia.
Nurgiyanto, Burhan. 2010. Teori Pengkaji Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mukmini, R. (2015). Menulis Buku Ajar Bandung: CV Indocomm.
Pradana, P. R., Suparmin, S. (2021). Pendidikan Karakter pada Tokoh Utama dalam Novel Bara karya Febrialdi Rusdi sebagai Bahan Ajar di SMK. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, dan Pembelajarannya (Salinga). 130-135.
Praptiwi, F. (2017). Pendidikan Karakter Tokoh Utama Dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karangan Ira Madan dan Semester Pertama Di Malory Towers Karangan Enid Blyton. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 234–252. https://doi.org/10.21009/aksis.010206
Ramadani, F., Muryati, S., & Suparmin, S. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Teks Novel Untuk Daring Kelas XII Tahun Pelajaran 2020/2021 (Studi Kasus di SMAN 1 Nguter Kab. Sukoharjo). Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS). Vol. 3, hlm. 291-298.
Saddhono, K., Waluyo, H. J., & Raharjo, Y. M. (2017). Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra Serta Relevansinya dengan Materi Ajar Di Sma. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 16–26. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8627
Saputri, L. C. (2020). Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. Klitika: JurnalIlmiahPendidikanBahasadanSastra Indonesia, 2(2), 1–13.
Sudewo, E. (2011). Character Building. Jakarta: Republika.
Sugiyanto, R. (2007). Teori Fiksi Robert Stanton Diterjemahkan oleh Sugihastuti dan Rossi Abi Al Irsyad. Cet ke-1. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta Edisi Cet.26, (334)
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yanti. (2015). Religiusitas dalam novel Ratu Yang Bersujud Karya Amrizal Mochamad Mahdawi. Vol 3 (2015).
Zakiyyah, Y. S. (2020). Kajian Feminisme Perspektif Radikal Novel Kartini Karya Abidah El Khalieqy dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Sastra di Sekolah Menengah Atas. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com, 68(1), 1–12.



