IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • La Ode Adili Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.187

Keywords:

implementasi, kurikulum merdeka, pembelajaran bahasa indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengimplementasian Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Raha. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Variabel dalam penelitian ini meliputi penyusunan perangkat pembelajaran, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, dan pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dan peluang dan tantangan implementasi Kurikulum Merdeka. Berdasarkan hasil studi dokumentasi terhadap modul ajar yang dibuat oleh guru Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 4 Raha, dari tujuh belas indikator, empat belas indikator mendapat skor 5, dua indikator mendapat skor 4, dan satu indikator mendapat skor 3. Total skor keseluruhan mencapai 81, dengan rata-rata skor 92,29. Berdasarkan uaraian hasil-hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) guru Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 4 Raha sudah membuat modul ajar sesuai dengan prinsip-prinsip penyusunan modul ajar dalam Kurikulum Merdeka. Rerata nilai yang diperoleh mencapai 91,54, berada pada kategori sangat baik, (2) pelaksanaan pembelajaran baik oleh guru model 1, guru model 2, dan guru model 3 sudah berjalan dengan baik. Rerata hasil pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh ketiga guru model tersebut mencapai rerata 86,92, kategori baik, (3) pelaksanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) sudah berjalan dengan baik. Dari ketiga guru model, rata-rata yang dicapai adalah 84,32, dan berada pada kategori baik, dan (4) implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 4 Raha dapat berjalan dengan baik. Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pengimpelementasian Kurikulum Merdeka dapat diatasi dengan baik.

References

Anggraena, Yogi dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Armadani, Putri dkk.. 2023. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari 2023, 9 (1), 341-347 DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.7527654.

Fitra, Devi Kurnia. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 5 No 3 Tahun 2022 ISSN: E-ISSN 2620-7982, P-ISSN: 2620-7990.

Hadiansah, Deni. (2022), Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru. Bandung: YRama Widya.

Jannah, Atika Izzatul. (2017). Pengembangan Bahan Ajar pada Bahasan Himpunan dengan Pendekatan Problem Solving untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online) Vol 6 No 3 ((http://eprints.uny.ac.id/ 46747/).

Kemdikbudristek, (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kemdikbudristek.

Kemendiknas (2010) Sejatrah Perkembangan Kurikulum SMP. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP.

Khoirurrijal dkk. (2022). Pengembangann Kurikulum Merdeka. Kota Malang. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Marlina, (2019) Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: PLB FIP UNP.

Mendikbudristek, (2022a) Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbudristek.

Mendikbudristek, (2022b). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbudristek.

Riyanto, Yatim. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Penerbit SIC.

Saraswati, Diah Ayu dkk.. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA Volume 12. Nomor 2, Juni 2022 | ISSN: 2088-0294 | e-ISSN: 2621-9166 https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578.

Satria, Rizky dkk.. (2022) Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Septiani, Awaliyah dkk.. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang) AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 13, No. 3 Desember 2022 e-ISSN 2579-7646.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (1989). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Penerbit Sinar Baru.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

La Ode Adili. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA . Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(2), 266–281. https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.187