NILAI DIDAKTIS DALAM NOVEL MERINDU CAHAYA DE AMSTEL KARYA ARUMI EKOWATI
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.199Keywords:
nilai didaktif, novel, sastraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai didaktis dalam novel Merindu Cahaya de Amstel karya Arumi Ekowati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Merindu Cahaya de Amstel karya Arumi Ekowati. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik studi pustaka, baca, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai didaktis yang terdapat dalam novel Merindu Cahaya de Amstel karya Arumi Ekowati berupa nilai (1) intelektual/kecerdasan, (2) keterampilan, (3) harga diri, (4) sosial/hubungan kemasyarakatan, (5) moral, (6) keindahan, (7) ketuhanan/keagamaan, (8) pengendalian diri/kestabilan emosi, (9) tingkah laku, dan (10) kemauan/cita-cita.
References
Damayanti, W. (2021). Kajian Kedidaktisan Novel Perempuan Berkalung Sorban Karya Abidah El Khalieqi. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 14, 53–64.
Iye, R., & Harziko. (2019). Nilai-Nilai Moral dalam Tokoh Utama Pada Novel Satin Merah Karya Brahmanto Anindito dan Rie Yanti. Telaga Bahasa, 195–206.
Kasanova, R., & Oktasari, A. F. (2019). Nilai-Nilai Didaktis dalam Novel “Matahari Di Atas Gilli” Karya Lintang Sugianto. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 47–58. https://doi.org/10.33603/dj.v6i2.1695
Lubis, F. W. (2020). Analisis Androgini Pada Novel “Amelia” Karya Tere-Liye. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 1–6. https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.256
Muktiasih, W., & Nurhadi, D. (2022). Majas Ironi Dan Sarkasme Pada Tokoh Kairi Tendou Dalam Drama Jepang Koi Wa Tsudzuku Yo Doko Made Mo Episode 1-5 (Kajian Stilistika Pragmatik). Jurnal Hikari, 5.
Nopitasari. (2019). Nilai-Nilai Desa yang Harus Kita Pelihara: Sosial, Moral, Agama. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.
Nurmalasari, I. (2017). Nilai Didaktis Pada Film Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar. Jurnal Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 249–253.
Putri, N. M. A. D. A., Wedasuawari, I. A. M., & Erawan, D. G. B. (2022). Analisis Nilai Moral Dalam Novel Cuko Karya Ariestanabirah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter. JIPBSI Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (JIPBSI), 4(1), 56–65.
Safitri, L. (2022). Analisis Nilai Edukasi dalam Novel Hujan Karya Tere Liye. Journal of Multi Disciplinary Science, 01(1), 17–34.
Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Wulandari, R. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di SMA. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 475–496.
Setiani, F., & Arifin, Z. (2021). Nilai Edukatif Tokoh Burlian Dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Sebagai Bahan Ajar Cerita Inspiratif. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i2.3886
Suharyan, I. (2021). Analisis Nilai-nilai Didaktis Novel Si Anak Badai Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra.
Wardiyanty, A., Astuti, N., & Nurlaili. (2021). Analisis Nilai Estetika Dan Nilai Budaya Dalam Film “Ajari Aku Islam” Sutradara Deni Pusung Dengan Kajian Mimetik. Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 1(2), 133–143.
Yulianti, S. (2023). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Dear Nathan : Hello Salma Karya Erisca Febriani Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Teks Novel. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa (JURRIBAH), 2(1), 39.
Yusuf, M., & Dewi, T. U. (2020). Analysis of Didactic Values in the Teacher’S Diary By Nithiwat Tharathorn. Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 14–23.



