PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MUATAN BAHASA INDONESIA BERBASIS APLIKASI CAPCUT DI KELAS III SDN 49/VI SUNGAI HITAM 1 KABUPATEN MERANGIN

Authors

  • Melisa Anggrayni Universitas Dharmas Indonesia
  • Elsa Ranti Agustin Universitas Dharmas Indonesia
  • Yulia Darniyanti Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.209

Keywords:

capcut, Pendidikan, tangga pintar

Abstract

Pendidikan merupakan bagian dari pengalaman,nilai-nilai, kognitif, dan psikomotorik pada generasi muda yang akan datang sebagai usaha generasi sekarang dalam mempersiapkan tujuan hidup generasi selanjutnya yang akan menjadi lebih baik, baik dari jasmani maupun rohani. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran  berupa video animasi yang berbasis aplikasi CapCut  yang bisa meningkatkan minat belajar peserta didik,keaktifan peserta didik,serta bisa menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan R&D (Reseasrch and Development) yang memiliki 5 tahap model pengembangan. Jenis data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pada penelitian ini lembar validasi,angket praktikalitas dan instrumen efektivitas. Teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, anget (kusioner), dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa analisis validitas, praktikalitas dan efektivitas. Validitas media pembelajaran video animasi media tangga pintar memperoleh presentase 88,66 % dengan kategori sangat valid. Praktikalitas  yang dinilai dari hasil analisis angket respon guru dan angket respon peserta didik terhadap  media video animasi  memperoleh persentase sebagai berikut: angket respon guru 90,00% dengan kategori sangat praktis, angket respon peserta didik 86,44% dengan kategori sangat praktis. Kemudian data efektivitas yang dinilai dari hasil soal tes memperoleh persentase 77,77% dengan kategori sangat efektif sehinga dapat dikatakan mengunakan media pembelajaran video animasi mampu mencapai tujuan pembelajaran dan hasil analisis validasi, praktikalitas dan efektivitas menunjukkan bahwa media pembelajaran video  animasi muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 sekolah dasar berada dalam kriteria sangat valid  sangat praktis dan sangat efektif

References

Agustin, R., & Noviardila, I. (2021). Research & Learning in Primary Education Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Ilmu in. 3(1).

Ali, M. (2020). DI SEKOLAH DASAR. 3(1).

Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. 1(1), 29–38.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BULETIN DALAM BENTUK BUKU SAKU UNTUK PEMBELAJARAN IPA TERPADU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 05, 05(April), 6. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1489

Kurniawiguna, K. D., Suwatra, I. W., & Sudarma, I. K. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL DAN MENGADAKAN VARIASI. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10.

Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 103–125. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324

Pradana, D., Abidin, Z., Adi, E. P., Pendidikan, J. T., Pendidikan, F. I., Malang, U. N., & History, A. (2020). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN SDLB TUNARUNGU. 7(5), 96–106. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p096

Sekolah, D., & Dharmawati, D. (2020). Evaluasi Penerapan Pebelajaran K13. 6(1).

Widya, A. D. I., Pendidikan, J., & Volume, D. (2019). No Title. April, 29–39.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Melisa Anggrayni, Ranti Agustin, E., & Yulia Darniyanti. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MUATAN BAHASA INDONESIA BERBASIS APLIKASI CAPCUT DI KELAS III SDN 49/VI SUNGAI HITAM 1 KABUPATEN MERANGIN. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(4), 599–608. https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.209