PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SDN 068/VIII TERITI KABUPATEN TEBO

Authors

  • Muhammad Subhan Universitas Dharmas Indonesia
  • Riyadi Saputra Universitas Dharmas Indonesia
  • Tiara Indah Puspita Sari Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.215

Keywords:

pengembangan media, flashcard, membaca permulaan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya pemahaman siswa kelas I pada pembelajaran Bahasa Indonesia, di sebabkan dalam proses pembelajaran tidak menggunakan media dan terlalu fokus menggunakan buku guru dan siswa. Hal ini membuat siswa susah dalam memahami materi. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan penunjang pembelajaran khususnya menggunakan media flashcard dalam kemampuan membaca permulaan pada mata pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, analisis (analize), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Kelima tahap itu dilakukan melalui analisis kurikulum, analisis kebutuhan siswa dan analisis karakteristik siswa. Kemudian uji validasi oleh 3 orang validator (tim ahli), uji pratikalitas oleh guru wali kelas dan 13 siswa. Setelah dikategorikan valid dan praktis selanjutnya dilakukan uji efektifitas. Penilaian validasi Media Flash Card pembelajaran bahasa Indonesia  pada uji validitas oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata  89,09% Termasuk dalam kategori sangat valid, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 94,9% dikategorikan sangat praktis, sedangkan hasil efektifitas Media FlashCard pembelajaran bahasa Indonesia dengan skor rata-rata 86,66% dikategorikan sangat efektif

References

Aliyah, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah MI Nurul Huda Japura Lor. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 3(11).

Andri. (2016). Dampak Kurikulum 2013 Terhadap Guru dan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 15(1), 165–175.

Damaiyanti, R., Satrijono, H., Hutama, F. S., Ningsih, Y. F., & Alfarisi, R. (2021). Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 75.

Dewi, S. E. K., & Pertiwi, R. P. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 SD/MI dengan Metode Iqro di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Purwodadi Belitang Mulya OKU Timur. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 11–15.

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., Widodo, H., & Yogyakarta, A. D. (2020). Konsen Kurikulum Dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA, 10(1), 34–44.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas Ii Mi Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1), 10–18.

Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36–42.

Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56.

Lili. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Kartu Kata Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas I. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 6(3), 37–39.

Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Musyadad, V. F. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iii Sdn Kertamukti. Jurnal Tahsinia, 2(1), 85–96.

Natasya, N. (2019). Pengertian Dan Proses Administrasi Kurikulum. Jurnal Artikel, Padang, 1–4.

Oktaviani, L., & Ayu, M. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Dua Bahasa SMA Muhammadiyah Gading Rejo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 437–444.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

Saajidah, L. (2018). Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Kurikulum. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, 1(2), 16–22.

Subiantoro, A. W. (2014). Pentingnya Praktikum. Fmipa Uny, ipa, 1–11.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Alfabeta.

Trinianti, T., Estuhono, E., & Prananda, G. (2021). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Model Research Based Learning (RBL) Untuk Keterampilan 4C Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 14–20.

Uliantinida, N. (2020). Perencanaan Kurikulum Untuk Mencapai Tujuan Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 35–48.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Muhammad Subhan, Riyadi Saputra, & Puspita Sari, T. I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SDN 068/VIII TERITI KABUPATEN TEBO. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(4), 589–598. https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.215