PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CAPCUT UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MENYIMAK PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD N 01 KOTO BARU
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.226Keywords:
media video, capcut, bahasa IndonesiaAbstract
Konteks penelitian ini adalah pelajaran bahasa Indonesia dimana guru hanya menggunakan media dasar dan tidak menggunakan alat yang tersedia seperti infocus. Selain itu, siswa menunjukkan kurang disiplin dalam usaha akademik mereka dan sering masuk dan keluar kelas. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Indonesia yang memuat banyak teori tidak dapat maksimal karena prosesnya membosankan, tidak menarik, dan kurang menyenangkan. Misalnya, media video pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan dan memproduksi media video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi capcut pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat membantu siswa menjadi terlibat, aktif, fokus, dan tertarik dengan informasi yang disampaikan oleh guru kepada mereka. Konteks penelitian ini adalah topik bahasa Indonesia yang membahas tentang pengembangan media video pembelajaran. Bentuk penelitian ini disebut penelitian pengembangan, dan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementasi, dan Evaluasi) sesuai dengan teknik R&D (Research & Development). Analisis kebutuhan, analisis peserta didik, dan analisis kurikulum semuanya termasuk dalam langkah analisis. Penggunaan capcut untuk video pembelajaran pada tahap desain yaitu tahap perencanaan. Uji kepraktisan dan keefektivan dilakukan pada tahap pengembangan. Setiap tahap pengembangan dinilai selama langkah evaluasi. Hasil penelitian pengembangan media video pemebelajaran pada uji validasi oleh 4 validator ahli.validasi bahasa oleh dosen 90% masuk dalam kategori sangat valid. Validasi media oleh dosen 93% masuk dalam kategori sangat valid. Validasi materi oleh dosen 85% masuk dalam kategori sangat valid. Validasi modul ajar oleh dosen 94% masuk kategori sangat valid
References
Dermawati, N., Suprapta, & Muzakkir. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 74–78.
Dewi, R., & Azizah, U. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berorientasi Problem Solving Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Xi Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Unesa Journal of Chemical Education, 8(3), 332–339.
Fransisca, M. (2017). Pengujian validitas, praktikalitas, dan efektivitas media e-learning di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1).
Kurniawiguna, K. D., Suwatra, I. W., & Sudarma, I. K. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL DAN MENGADAKAN VARIASI. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–10.
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142.
Nurazijah, M., Lailla, S., & Rustini, T. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS sebagai Bentuk Internalisasi Konsep Merdeka Belajar. Journal on Education, 06(01), 1798–1805.
Nurdiyanti. (2020). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogia, 13(2), 115–128.
Rahman. (2021). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ). 91–94.
Retno, P. D., Untari, M. F. A., & Nafiah, U. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sd N 6 Getas Menggunakan Lkpd Online Dengan Aplikasi Liveworksheet.Com Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. Malih Peddas, 11(1), 45–55.
Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304.
Simbolon, J., Haidir, H., & Daulay, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 05 Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 12(2), 116–121.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.
Winarti, W., & Rosyidah, R. (2020). Penilaian Diri Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Sebagai Wujud Penilaian Dalam Pendidikan Abad 21. Prasi, 15(02), 110.



