NILAI MORAL DALAM CERPEN YANG BERTAHAN DAN BINASA PERLAHAN KARYA OKY MANDASARI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA KELAS XI

Authors

  • Dila Nimas Nurdadi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Jasinta Nurvielya Anmawar Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Titik Sudiatmi FKIP, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i3.229

Keywords:

nilai moral, cerpen, pembelajaran sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dan menganalisis kesesuaian cerpen “Yang Bertahan Binasa Perlahan”  karya Oky Madasari sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan pragmatik. Objek penelitian ini memfokuskan pada kajian nilai moral dan pada kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan serta kesesuaiannya sebagai bahan pengajaran sastra di SMA. Sumber data pada penelitian ini yang nantinya akan dikaji adalah kumpulan cerpen Yang Bertahan dan Binasa Perlahan karya Okky Mandasari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca, menganalisis, dan mencatat. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah peneliti sendiri dengan menggunakan alat bantu kartu data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat deskripsi tentang nilai-nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan (beriman, berdoa dan bersyukur), hubungan manusia dengan sesama manusia (tolong menolong, menasehati, kasih sayang), hubungan manusia dengan alam sekitarnya (menghargai alam sekitar), dan hubungan manusia dengan dirinya sendiri (egois dan sabar). Penelitian ini juga sesuai dengan nilai-nilai moral sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Yaitu pada Kompetensi Dasar (KD), 3.8 mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalan cerita pendek yang dibaca. Dengan Indikator 3.3 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi, 3.4 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi.

References

Arifin, M. Z. (2019) ‘Nilai Moral Karya Sastra sebagai Alternatif Pendidikan Karakter (Novel Amuk Wisanggeni Karya Suwito Sarjono)’, Jurnal Literasi, 3(1), pp. 30–40.

Aulia Zahra Fadhila and Saraswati, E. (2022) ‘Nilai Moral Dalam Cerpen “Anting” Karya Ratna Indraswari Ibrahim’, Jurnal Metamorfosa, 10(1), pp. 48–60. doi: 10.46244/metamorfosa.v10i1.1500.

Aziza, F. N. and Setiawaty, D. (2020) ‘Analisis Nilai Moral dalam Cerpen “Kupu-Kupu yang Berhati Mulia’, Idealektik, 2(1). Available at: https://www.journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/view/456%0Ahttps://www.journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/article/download/456/299.

Firwan, M. (2017) ‘Nilai Moral Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasrey Basral’, Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(2), pp. 49–60.

Mulyani, S. (2020) ‘Nilai Moral dan Religius pada Novel Maysuri Karya Nadjib Kartapati Z.’, Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(03), p. 276. doi: 10.30998/diskursus.v1i03.6695.

Murti, S. and Maryani, S. (2017) ‘Analisis Nilai Moral Novel Bulan Jingga dalam Kepala Karya M Fadjroel Rachman’, Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 1(1), pp. 50–61. doi: 10.31539/kibasp.v1i1.93.

Purdianto, A., Sudiatmi, T. and Sukarno (2019) ‘Konflik batin tokoh utama dalam novel hijrah itu cinta karya abay adhitya (kajian psikologi sastra)’, klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia., 1, pp. 48–57. Available at: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/klitika/article/view/384.

Rahmawati, E. and Achsani, F. (2019) ‘Nilai-Nilai Moral Novel Peter Karya Risa Saraswati dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia’, Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), p. 52. doi: 10.30651/lf.v3i1.2435.

Risdiana, M. (2019) ‘Nilai Religiusitas pada Novel Glonggong Karya Junaedi Setiyono’, Senasbasa (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra), 3, pp. 635–643.

Rosyanti, S. (2017) ‘Nilai Moral Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar’, Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), p. 182. doi: 10.25157/diksatrasia.v1i2.597.

Simbolon, D. R., Perangin-angin, E. and Nduru, S. M. (2022) ‘Analisis Nilai-nilai Religius, Moral, dan Budaya pada Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk Karya Hamka Serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas’, Jurnal Basataka, 5(1), pp. 50–61.

Susilawati, E. (2017) ‘Nilai-Nilai Religius dalam Novel Sandiwara Bumi Karya Taufikurrahman Al-Azizy’, Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), pp. 35–53. doi: 10.33654/sti.v2i1.377.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Dila Nimas Nurdadi, Jasinta Nurvielya Anmawar, & Titik Sudiatmi. (2023). NILAI MORAL DALAM CERPEN YANG BERTAHAN DAN BINASA PERLAHAN KARYA OKY MANDASARI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA KELAS XI. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(3), 409–415. https://doi.org/10.36709/bastra.v8i3.229