NILAI SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL JANJI KARYA TERE LIYE SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER SISWA

Authors

  • Lutfiatul Dwi Mardian Universitas Muhammadiya Jember
  • Dzarna Universitas Muhammadiya Jember
  • Eka Nova Ali Vardani Universitas Muhammadiya Jember

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.238

Keywords:

nilai sosial, nilai pendidikan karakter, novel, karakter peserta didik

Abstract

Pada penelitian ini mendeskripsikan mengenai nilai sosial dan nilai pendidikan karakter pada novel Janji karya Tere Liye. Nilai-nilai tersebut dapat dikatakan sebagai patokan dari suatu penilaian yang diterima atau tidaknya suatu sikap atau tingkah laku yang ada pada suatu kelompok masyarakat tertentu. Nilai yang ada dalam karya sastra bergantung pada tanggapan dan pengertian yang didapat oleh pembaca. Suatu nilai bila dihayati oleh seseorang maka sangat mempengaruhi cara seseorang berpikir, bersikap atau bertindak untuk mencapai tujuan hidupnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian tersebut digunakan karena dinilai dapat menjelaskan maksud dari penelitian dengan jelas kepada pembaca. Nilai-nilai tersebut merupakan nilai yang baik ditanamkan pada peserta didik sebagai bekal dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam prakteknya nilai-nilai tersebut kerap kali susah untuk di terapkan pada peserta didik, namun penerapan dari nilai-nilai tersebut tidak harus melalui materi pembelajaran. Salah satunya dapat diperoleh dari karya sastra yang lebih fleksibel dan mudah diterima oleh siswa. Jalan cerita karya sastra seperti novel juga sering menjadi inspirasi oleh pembacanya, maka karya sastra juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan karakter peserta didik. Pada penelitian ini ditemukan nilai sosial dan nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam novel Janji karya Tere Liye sehingga dapat digunakan sebagai referensi untuk memberikan atau membentuk karakter peserta didik.

References

Aisyah. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: KENCANA.

Hasan, A. B. (2006). Psikologi Perkembangan Islam: Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia Dan Perkelahiran Hingga Pascakematian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Liye, T. (2021). Janji. Depok: PT Sabak Grip Nusantara.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mustofa, W. S. (2013). Kode Etik Hakim. Jakarta: Kencana.

Nopitasari. (2020). Nilai-Nilai Desa yang Harus Kita Pelihara: Sosial, Moral, Agama. CV. Hijaz Pustaka Mandiri.

Notonagoro. (1974). Pancasila Dasar Falsafat Negara. Jakarta: Bhina Aksara.

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhakim, A. (2019). Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Pengamalan Nilai-Nilai. UIN SMH Banten.

Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Sauri, S. (2019). Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Hujan Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Kajian Prosa pada Mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla'ul Anwar Banten. Retrieved from Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/view/2687/2709

Siyoto, S., & Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sukatin, & S., A.-F. M. (2021). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Suyahmo. (2014). Filsafat Pancasila. Semarang: Magnum Pustaka Utama.

Zubaedi. (2006). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Lutfiatul Dwi Mardian, Dzarna, & Eka Nova Ali Vardani. (2023). NILAI SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL JANJI KARYA TERE LIYE SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER SISWA. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(4), 577–588. https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.238