NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH DALAM NOVEL SI ANAK KUAT KARYA TERE LIYE

Authors

  • Annur Hrp Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI , Palembang
  • Achmad Wahidy Universitas PGRI Palembang
  • Yenny Puspita Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.242

Keywords:

nilai, pendidikan karakter, novel

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis nilai karakter tokoh dalam Novel Si Anak Kuat karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode analisis deskriptif kualitatif dan metode perpustakaan (Library researce). Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan mencatat seluruh informasi yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti di perpustakaan dan juga mengumpulkan data secara online dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan sastra. Hasil penelitian didapatkan  terdapat 18 nilai pendidikan karakter dalam novel, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, kreatif, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, gemar membaca, bersahabat, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, dan tanggung jawab.

References

Kusmarni, M. S. (2017). Menumbuhkan Karakter Rasa ingin Tahu Siswa dalam Pelajaran Sejarah melalui Media Puzzle. Jurnal Factum , 232.

Liye, T. (2021). Si Anak Kuat. Jawa Barat: PT Sabak Grif Nusantara.

Maryadi, d. (2010). Pedoman Penulisan Skripsi . Surakarta: Universitas Muhamadiya Sukarta.

Mulyasa. (2013). manajemen pendidikan karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mustari, M (2014) Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta:Grafindo Persada.

Nazar, I. A. (2009). Membentuk dan Meningkatkan Disiplin Ilmu Anak Sejak Dini. Jogjakarta: DIVA Press.

Narwanti, S. (Yogyakarta). Pendidikan Karakter. 2014: Familia.

Purnawanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Jurnal Riset Pedagogik , 16.

Sugiyono, F. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, D. (2016). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: PT Buku Seru.

Rinja Efendi, Asih Riah Ningsi A. R (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter, Landasan Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group .

Suwardani, P. (2020). Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang bermatabat . Bali: Uhni Press.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:

Cuta Wacana University Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Annur Hrp, Achmad Wahidy, & Yenny Puspita. (2023). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH DALAM NOVEL SI ANAK KUAT KARYA TERE LIYE. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(4), 552–562. https://doi.org/10.36709/bastra.v8i4.242