KEMAMPUAN MENENTUKAN ISI CERITA RAKYAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RAHA

Authors

  • Wisarawaty Wahyudin Universitas Halu Oleo

Keywords:

cerita rakyat, kemampuan, SMA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran sastra khususnya cerita rakyat, karena selain memberikan hiburan dan warisan budaya nasional, cerita rakyat juga mempunyai nilai-nilai yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat dan mengandung ajaran moral serta menunjang tercapainya kemampuan para siswa terhadap keterampilan berbahasa. Masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimanakah Kemampuan Menentukan Isi Cerita Rakyat siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menentukan tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif  kuntitatif. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha 2015/2016 dengan jumlah siswa 397 dan ditarik sampel sebanyak 199 siswa dari jumlah populasi. Teknik yang digunakan Proportional Stratified Random Sampling.

Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa dari 199 siswa yang menjadi sampel penelitian terdapat 185 siswa atau 92,92% berada pada kategori mampu dan 14 siswa atau 7,08% berada pada kategori tidak mampu. Hal ini dapat dikatakan rata-rata kemampuan menentukan isi cerita rakyat “La Moelu” siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha tergolong dalam kategori mampu secara klasikal karena telah  mencapai lebih 85% yaitu 92,92%. Dari ke enam aspek yang di ukur aspek latar menduduki peringkat tertinggi sebesar 98,97%, diikuti aspek tokoh dan penokohan sebesar 97,95%, aspek alur 61,33%, aspek sudut pandang 55,79%, aspek tema 15,08% dan aspek amanat sebesar 10,05%.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Wisarawaty Wahyudin. (2024). KEMAMPUAN MENENTUKAN ISI CERITA RAKYAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RAHA. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 1(1). Retrieved from https://bastra.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/406