MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 8 KENDARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
Keywords:
menulis, teksberita, kontekstualAbstract
Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu Apakah model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks berita siswa kelas VIIIC SMP Negeri 8 Kendari? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIIIC SMP Negeri 8 Kendari. pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran kontekstual. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu faktor guru dan siswa. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.Penelitian ini terjadi dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Tiap siklus terdiri atas 1.perencanaan 2.pelaksanaan tindakan 3.observasi dan 4 refleksi.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari ini dapat dilihat dari keberhasilan siswabaik.Nilai Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,12% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,93%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 63% dan meningkat pada siklus II menjadi81%.Aktivitas mengajar guru pada siklus I sebesar 38% dan meningkat pada siklus II menjadi83%.Dari segi hasil ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 35% dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal sebesar.



