ANALISIS MAKNA DALAM IKLAN KARTU SELULER

Authors

  • Nela Indri Rosita Universitas Halu Oleo

Keywords:

semiotik, makna, iklan

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa makna di balik simbol-simbol dan teks yang terdapat pada iklan kartu seluler?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  makna simbol dan teks yang terdapat pada iklan kartu seluler. Manfaat Penelitian ini yaitu: 1. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebuah upaya untuk mengembangkan masalah khususnya di bidang masalah pemaknaan dari tanda-tanda, simbol  yang terdapat dalam sebuah iklan. 2. Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan bagi kajian  ilmu Jurusan Bahasa dan Seni khususnya yang mengkaji masalah makna, simbol  atau tanda-tanda yang terdapat dalam iklan. Pada penelitian ini masalah dibatasi hanya pada pencarian makna simbol  yang menyangkut  penandaan tentang nilai-nilai kartu seluler pada suatu iklan yang diteliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian  pustaka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa Print Ad iklan yang dikeluarkan oleh Manager Publik Relation. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah teknik membaca dan mencatat iklan. Dalam menganalisis data, metode  penelitian mengambil pendekatan semiotika Roland Barthes. Hasil dalam penelitian ini adalah dalam Print Ad iklan kartu seluler XL Bebas versi “Bebas Semauku” secara konotatif mengandung arti keunggulan, kehandalan, kebebasan, dan kemurahan tarif internetan yang ditawarkan kartu seluler XL Bebas serta kepuasan pada pelayanan terbaik bagi para penggunanya. Makna konotasi yang terkandung  dalam Print Ad iklan XL versi “Omes” adalah dengan menggunakan kartu XL-KU seorang individu akan kaget dengan kemurahan layanan yang disediakan oleh kartu XL-KU. Print Ad iklan Telkomsel Kartu As Versi “Drama Lebay” secara keseluruhan memiliki makna konotatif kualitas serta kemurahan dan pelayanan terbaik, dengan didukung jangkauan terluas yang menjangkau hampir seluruh wilayah Indonesia sehingga banyak yang menjadikannya pilihan di hati konsumen. Keseluruhan teks dan gambar pada print ad iklan Telkomsel LOOP versi “Ini Kita” secara konotasi mengandung makna jiwa muda, perhatian, minat, harapan, dan nilai sosial dalam bermasyarakat.

Downloads

Published

2016-03-01

How to Cite

Nela Indri Rosita. (2016). ANALISIS MAKNA DALAM IKLAN KARTU SELULER. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 1(1). Retrieved from https://bastra.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/412