DISHARMONISASI KELUARGA PADA FILM BUDI PEKERTI KARYA WREGAS BHANUTEJA

Authors

  • Abdurrahman Wahid Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Fathullah Rusly
  • Hemas Haryas Harja Susetya universitas islam Zainul Hasan

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v9i3.542

Keywords:

film, disharmonisasi, konflik sosial

Abstract

Film merupakan salah satu media yang menampilkan gambar dan gerakan, film disini mengandung unsur konflik sosial dalam judul film disharmonisasi kelurga. Tujuan penelitian ini adalah utuk mendeskripsikan tentang dishrmonisasi dalam kelurga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiolohi sadtradata dalam penelitian ini adalah kutipan dalam percakapan beberapa tokoh. Teknik pengumpulan data pada penelitian melakukan dengan observasi dan mencatat, sumber data dalam penelitian ini adalah film budi pekerti. Teknis analisis daya menggunkan reduksi data atau validasi sata, serta penyajian dan penarikan kesimpulan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan tentang disharmonisasi yang memenuhi tentang disharmonisasi keluarga yang terdapat konflik sosial dalam keluarga.

 

References

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Hasdiana, U. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Hidayah, N., Purwosusanto, H., & Megawati, E. (2021). Penggambaran Karakter Tokoh Utama Pada Film Ajari Aku Islam Karya Jaymes Riyanto Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 24–34. http://dx.doi.org/10.30998/.v1i1.3826%0Ahttps://jim.unindra.ac.id/index.php/alegori/article/viewFile/3826/353

Kognisi, P. K., Risiko, P., Jenis, D. A. N., Bidori, F., Puspitowati, L. I. dan I., Wijaya, I. G. B., Alifah, U., Artikel, I., Paedagoria, S. N., Anwar, I., Jamal, M. T., Saleem, I., Thoudam, P., Hassan, A., Anwar, I., Saleem, I., Islam, K. M. B., Hussain, S. A., Witcher, B. J., … alma. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Kotaanyar, K., Probolinggo, K., Haryas, H., Susetya, H., & Fatmawati, M. (2023). Menggugah Imajinasi dan Minat Baca : Program Literasi di. 123–130. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2023.003.02.08

Muhammad Viqi Rifai. (2019). Disharmonisasi keluarga dalam novel.

Nadira, D., & Leila, K. (2010). Pendekatan Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Kumpulan Cerpen 9 dari Nadira Karya Leila S. Chudori.

Patmalasari, D., Nur Afifah, D. S., & Resbiantoro, G. (2017). Karakteristik Tingkat Kreativitas Siswa yang Memiliki Disposisi Matematis Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 30. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1509

Prawoto, E. C., & Zakiyyah, Y. N. (2023). Nilai Kejujuran Pada Film Penyalin Cahaya (Kajian Sosiologi Sastra). ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(1), 133–151.

Rismayanti, N. W., Martha, I. N., & Sudiana, I. N. (2020). Kajian Sosiologi Sastra Dalam Novel Puzzle Mimpi Karya Anna Farida. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(1), 7. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i1.24512

Sipayung, M. E. (2016). Konflik Sosial dalam Novel Maryam Karya Okky Madasari : Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 10(1), 22–34.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Abdurrahman Wahid, Fathullah Rusly, & Hemas Haryas Harja Susetya. (2024). DISHARMONISASI KELUARGA PADA FILM BUDI PEKERTI KARYA WREGAS BHANUTEJA . Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 9(3), 519–530. https://doi.org/10.36709/bastra.v9i3.542