DISHARMONISASI KELUARGA PADA FILM BUDI PEKERTI KARYA WREGAS BHANUTEJA
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v9i3.542Keywords:
film, disharmonisasi, konflik sosialAbstract
Film merupakan salah satu media yang menampilkan gambar dan gerakan, film disini mengandung unsur konflik sosial dalam judul film disharmonisasi kelurga. Tujuan penelitian ini adalah utuk mendeskripsikan tentang dishrmonisasi dalam kelurga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiolohi sadtradata dalam penelitian ini adalah kutipan dalam percakapan beberapa tokoh. Teknik pengumpulan data pada penelitian melakukan dengan observasi dan mencatat, sumber data dalam penelitian ini adalah film budi pekerti. Teknis analisis daya menggunkan reduksi data atau validasi sata, serta penyajian dan penarikan kesimpulan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan tentang disharmonisasi yang memenuhi tentang disharmonisasi keluarga yang terdapat konflik sosial dalam keluarga.
References
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Hasdiana, U. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Hidayah, N., Purwosusanto, H., & Megawati, E. (2021). Penggambaran Karakter Tokoh Utama Pada Film Ajari Aku Islam Karya Jaymes Riyanto Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 24–34. http://dx.doi.org/10.30998/.v1i1.3826%0Ahttps://jim.unindra.ac.id/index.php/alegori/article/viewFile/3826/353
Kognisi, P. K., Risiko, P., Jenis, D. A. N., Bidori, F., Puspitowati, L. I. dan I., Wijaya, I. G. B., Alifah, U., Artikel, I., Paedagoria, S. N., Anwar, I., Jamal, M. T., Saleem, I., Thoudam, P., Hassan, A., Anwar, I., Saleem, I., Islam, K. M. B., Hussain, S. A., Witcher, B. J., … alma. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Kotaanyar, K., Probolinggo, K., Haryas, H., Susetya, H., & Fatmawati, M. (2023). Menggugah Imajinasi dan Minat Baca : Program Literasi di. 123–130. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2023.003.02.08
Muhammad Viqi Rifai. (2019). Disharmonisasi keluarga dalam novel.
Nadira, D., & Leila, K. (2010). Pendekatan Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Kumpulan Cerpen 9 dari Nadira Karya Leila S. Chudori.
Patmalasari, D., Nur Afifah, D. S., & Resbiantoro, G. (2017). Karakteristik Tingkat Kreativitas Siswa yang Memiliki Disposisi Matematis Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 30. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1509
Prawoto, E. C., & Zakiyyah, Y. N. (2023). Nilai Kejujuran Pada Film Penyalin Cahaya (Kajian Sosiologi Sastra). ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(1), 133–151.
Rismayanti, N. W., Martha, I. N., & Sudiana, I. N. (2020). Kajian Sosiologi Sastra Dalam Novel Puzzle Mimpi Karya Anna Farida. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(1), 7. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i1.24512
Sipayung, M. E. (2016). Konflik Sosial dalam Novel Maryam Karya Okky Madasari : Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Ilmiah Kebudayaan SINTESIS, 10(1), 22–34.



