PERPUSTAKAAN KELILING SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BACAAN SASTRA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v7i1.98Keywords:
pendidikan karakter, perpustakaan keliling, sastra anakAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah dengan membaca sastra anak bagi anak-anak pada perpustakaan keliling memiliki peran penting dalam mengembangkan pendidikan karakter anak? Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fungsi perpustakaan keliling sangat baik untuk menumbuhkan karakter anak dengan adanya perpustakaan keliling anak–anak bisa membaca, mendengarkan dongeng yang dipandu oleh pustakawan. Dan juga dari bacaan sastra anak yang dibaca anak-anak banyak terdapat bacaan yang mengandung pendidikan karakter. Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan dapat ditarik kesimpulan bahwa perpustakaan keliling bisa menjadi media atau saran dalam menumbuhkan pendidikan karakter pada anak dengan bacaan sastra anak dengan dibuktikan bahwa dengan membaca sastra anak mereka secara tidak langsung mendapatkan pendidikan karakter tentang 1. Cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya 2. Kemandirian dan tanggung jawab 3. Kejujuran/amanah, bijaksana 4. Hormat dan santun 5. Dermawan, suka menolong dan gotong royong 6. Percaya diri, kreatif dan pekerja keras 7. Kepemimpinan dan keadilan 8. Baik dan rendah hati 9. Toleransi, kedamaian, dan kesatuan. Karena semua pendidikan karakter tersebut ada semua pada buku bacaan sastra anak yang disediakan diperpustakaan keliling. Selain itu dengan adanya perpustakaan keliling dapat membantu orangtua untuk mengurangi anak-anak sedikit melupakan gadget.
References
Abdul majid dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Aminuddin. (2001). Karya Sastra dan AnakAnak. Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang Fakultas Sastra Jurusan Sastra Indonesia.
Heri Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung:Alfabeta
Kurniawan, Fajar. (2013). Manajemen Perawatan Industri : Teknik dan Aplikasi Implementasi Total Productive Maintenance (TPM), Preventive Maintenance dan Reability Centered Maintenance (RCM). Yogyakarta : Graha Ilmu.
Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa, Jakarta: BPMGAS.
Muclas samani & Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dan Model Bandung;Alfabeta
Ma’mur Asmani. 2012. Buku Panduan Internalisas Ipendidikan Karakter Disekolah. yogyakarta:Diva press
Nurgiyantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press
Satori, D & Komariah, A. (2013) Metodologi Kualitatif. Bandung: ALFABETA
Suparlan Suhartono,filsafat pendidikan, (yogyakarta:Arruz media:2009
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada