PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VIDEO DAN KARTU MISTERI UNTUK MATERI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SEBAGAI OPSI MENJALANI NEW NORMAL DARI PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v7i2.103Keywords:
new normal, kartu misteri, pengembangan bahan ajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan bahan ajar video dan kartu misteri dikhuskan untuk materi teks biografi sebagai opsi dalam menjalani masa new normal dari pandemi covid 19. Model pengembangan yang dipakai adalah model ADDIE, terdiri dari tahap: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Validator media terdiri dari beberapa ahli di bidangnya yakni ahli materi, ahli media, serta telah melalui tahap uji coba terbatas dan uji lapangan. Hasil dari pengembangan video ini adalah valid dan dapat digunakan untuk materi teks biografi siswa kelas X. hal ini dapat ditunjukkan pada uji efektivitas yang memperoleh skor rata-rata lebih tinggi 87,6 pada saat pos tes, sedangkan pra tes 56,0. Uji validitas produk dilakukan oleh ahli materi 88%, ahli media, 80%, uji coba terbatas 83%, dan uji coba lapangan 82% masuk dalam kategori valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar. Penelitian pengembangan bahan ajar video dan kartu misteri dikhususkan untuk materi teks biografi siswa kelas X SMK National Media Center (NMC) kota Malang sebagai opsi menjalani masa new normal dari pandemi covid 19. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE terdiri dari tahap: 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation.
References
Asrori, Suryani, N, Drajati, N.A. (2021) Development of animation video on youtube channels as an alternative learning media during the covid-19 pandemic. Jurnal Teknologi Pendidikan. 23(3) 284-294.
Indri, Y., Kusmana, E. (2020) Penerapan model pembelajaran gallery walk dan media kokami (kotak kartu misteri) untuk meningkatkan hasil.belajar biologi siswa kelas XI di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Bogor. Pedagonal:.Jurnal Ilmiah Pendidikan 4(1) 30-33…
Mahadewi, dkk. 2015..Text-Based Programming: Konsep Dasar & Aplikasi Pengembangan Produk Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu..?
Perdana,I., Saragi, R. E. S., & Aribowo, E. K. (2020). Persepsi siswa terhadap pemanfaatan media kahoot dalam pembelajaran bahasa indonesia. kwangsan, 8(2), 290-306.
Rahim, R.A., Rahim, I. (2020). Penggunaan media video youtube “demi raga yang lain” dalam meningkatkan hasil pembelajaran daring puisi siswa kelas X SMA insan cendekia syech yusuf kabupaten gowa. Idiomatik Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 23
Rayanto Y. H, dan Sugiati. 2020. Penelitian.Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute. Pasuruan.?
Rusman. 2014. Model-model?Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. .
Sadiman, A, S,. dkk.2014. Media?Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada..
Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian.Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.?
Sudarma, I Komang. dkk. 2015. Desain.Pesan: Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.?
Yani, I., & Kusmana, E. (2020). Penerapan model pembelajaran gallery walk dan media kokami (kotak kartu misteri) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI disekolah
menengah atas negeri 10 bogor. Pedagonal Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 30-33.
Wilyanti, L.W, Larlen. (2020) Pengembangan bahan ajar video tutorial materi olah vokal pada mata kuliah drama. Pena Jural Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1), 37-47.
Wisada, P.D, Sudarma, I.K. dan Yuda, A.I (2019). Pengembangan-media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology. 3(3), 140-146.