PEMBELAJARAN PADA MATERI MENGONTRUKSI TEKS PROSEDUR SMA KELAS XI MELALUI PENERAPAN MODEL SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELECTUAL (SAVI)
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v7i2.112Keywords:
model pembelajaran SAVI, teks prosedurAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model SAVI berbantuan media video youtube dalam pembelajaran daring pada pembelajaran mengonstruksi teks prosedur kelas XI SMA Negeri 1 Mayong tahun pelajaran 2021/2022. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed methods). Populasi dalam penelitian yang akan dilakukan sekarang adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mayong, dengan sampel peserta didik kelas XI IPS 1 yang berjumlah 36 peserta didik. Pengumpulan teknik data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes berupa pretest dan posttest, sedangkan untuk non tes berupa hasil angket, hasil observasi, hasil identifikasi masalah, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mayong Jepara, bahwa model SAVI dapat diterapkan pada pembelajaran materi mengonstruksi teks prosedur kelas XI. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai peserta didik dengan rata-rata 78,89 dari KKM sekolah 70. Hal tersebut didukung dari hasil observasi sebelum dan sesudah terjadi perubahan peningkatan keaktifan peserta didik. Setelah adanya penerapan model SAVI dari hasil observasi peserta didik, sehingga model tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran mengonstruksi teks prosedur. Berdasarkan hasil angket model SAVI juga membantu peserta didik dalam menuangkan ide dan gagasan pada pembelajaran materi mengonstruksi teks prosedur, sehingga peserta didik lebih antusias dan lebih bersemangat saat pembelajaran berlangsung di kelas pada materi mengonstruksi teks prosedur.
References
Abdi, Istiqama, Helmi Abdullah, M. Arsyad. 2020. “Pengembangan Pembelajaran Fisika Berbasis SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual)”. Universitas Negeri Makasar. (https://ojs.unm.ac.id/semnasfisika/article/vie w/12863)
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aswan. 2016. “Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM”. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Fahmi, Khoirunnisa Ulya. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually) Terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Negosiasi Oleh Peserta didik Kelas X SMA Dharmawangsa Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020”. Skripsi diunduh di (http://repositori.umsu.ac.id/xmlui/handle/12 3456789/5234) pada 25 Juli 2020.
Fathurrohman, Muhammad. 2017.“Model- Model Pembelajaran Inovatif”. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kemendikbud. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Budaya.
Moleong, J. Lexy. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mufiidah, Mar’atul. dkk. 2017. “Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Macromedia Flash Berbasis Lesson Study Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Sungai Raya”. Jurnal Bioeducation, 4(1).
Mulyanis, Tika Hartikah. 2016. Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Septiana, Ika. 2020 “Pemanfaatan Layar Sentuh Generasi Z DalamPembelajaran Bahasa Indonesia “Prosiding Seminar Literasi V,Number 5,Tahun 2020,Hal 799- 809 ISBN 978-623-91160-9-5
Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma APPTI.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Afabeta CV.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabet.