PENERAPAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DI TK BINA MUHAJIRIN

Authors

  • Berliana Fabiola Sukma Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmayanti Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nida’ul Munafiah Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.158

Keywords:

kompetensi sosial, Guru Aini, tk bina muhajirin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Kompetensi Sosial Guru di TK Bina Muhajirin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan Kompetensi Sosial Guru di TK Bina Muhajirin. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kompetensi sosial guru di TK Bina Muhajirib sudah cukup baik, Guru mampu bersikap inklusif dan mudah dalam bergaul. Namun dalam berinteraksi dengan orang tua dan masyarakat kurang optimal. 2) Ketidakoptimalan itu terjadi karena kurangnya komunikasi dan waktu untuk berbincang, waktu terbatas ketika proses pengambilan raport. 3) Kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa di TK Bina Muhajirin yaitu kurangnya perhatian orang tua kepada anak, sehingga semangat belajar anak rendah. Selain itu faktor ekonomi orang tua siswa yang mayoritas menengah ke bawah, secara tidak langsung dapat menghambat anak dalam belajar. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di TK Bina Muhajirin adalah pemberian motivasi belajar kepada anak, membuat kelompok belajar di kelas, kerja sama dengan orang tua dan masyarakat.

References

Aulia. (2021). Kendala Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Gugus 3 Taman Kanak-Kanak Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4, no 1, 2021, 28-36

Diah dkk. (2022). Upaya Guru Dan Orang Tua Dalam Memicu Kompetensi Abad 21 Anak TK Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Volume 4, No. 2, 2022, hlm. 94–110

Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia.

Maulina, I., & Hazilina, H. (2022). Implementasi Penilaian Portofolio di Taman Kanak kanak Era Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2396

Mulyani, E. (2020). Inilah Perubahan Kebijakan Pendidikan Selama Masa Pandemi Covid-19. Sekretariat Kabinat Republik Indonesia.

Luluk Mukaromah. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Studi Analisis Di Tk Jogja Green School). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Lundy, A., & Trawick-Smith, J. (2020). Effects of Active Outdoor Play on Preschool Children’s on-Task Classroom Behavior. Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01086-w

Maulidia dkk. (2021). Upaya Guru dalam Menghadapi Anak yang Kurang Aktif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, no 2, 2021, 76- 87

Rahmawati dkk. (2021). Strategi Guru Dalam Menggali Motivasi Belajar Dan Perkembangan Aktual Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia DinVol 4, no 1, 2021, 11-27

Rohita, R., & Nurfadilah, N. (2018). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran di Taman Kanak Kanak (Studi Deskriptif pada Taman Kanak-kanak di Jakarta). JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(1). https://doi.org/10.36722/sh.v4i1.255

Sofia dkk. (2018). Analisis Interaksi Antara Siswa Dengan Guru dalam Berkembangnya Kemampuan Berbicara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1, 2018, 7 - 18 hlm.

Suarsih, A., Arnyana, I. B. P., & Ardana, M. (2020). Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Matematika dan Kecemasan Belajar Siswa Kelas IV Gugus III Abiansemal Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(1).

Shamsuddin, N., & Kaur, J. (2020). Students’ learning style and its effect on blended learning, does it matter? International Journal of Evaluation and Research Education. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20422

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sofiyanti, F. (2020). Pembelajaran online pada masa pandemi covid 19 di kelompok bermain (kb) mawar desa sumberkolak situbondo tahun 2020. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.624

Suartama, I. K., Setyosari, P., Sulthoni, & Ulfa, S. (2019). Development of an instructional design model for mobile blended learning in higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.10633

Suryana, D. D. M. P. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Fabiola Sukma, B., Astuti Darmayanti, & Nida’ul Munafiah. (2023). PENERAPAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DI TK BINA MUHAJIRIN. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 8(2), 152–158. https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.158