MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI GADGET
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v8i2.159Keywords:
kemampuan bahasa anak, gadget, positif, negatifAbstract
Gadget merupakan perangkat elektronik yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia jika digunakan dengan baik. Gadget bukan hanya tentang smartphone. Laptop, smartwatch, tablet, bahkan televisi pun termasuk gadget. Banyak pengaruh positif dan negative yang didapat dari gadget, namun jika penggunaannya benar bukanlah menjadi boomerang untuk anak dan orang tua. Pada penelitian ini saya mengambil metode penelitian deskriptif kuantitatif tentang meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui gadget. Tujuan dari gadget ini bisa membantu anak untuk berfikir, berkhayal dan berlatih kritis, dapat menarik perhatian anak, dan bisa mengenalkan alfabet, angka, ukuran, gambar, bentuk, warna, dll. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketiga anak yang peneliti observasi, gadget memiliki pengaruh baik pada setiap perkembangannya.
References
Yusuf Syamsu L.N dan Nani M. Suganhi. Perkembangan Peserta Didik. Rajawali Pers Pendidikan. Indonesia.
Yulsyofriend, Vivi Anggraini, Indra Yeni, Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang. Indonesia
Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology Enhanced Learning and Teaching Methodologies through Audiovisual Media. Education Sciences 9 (1992.
Douglas, C. (1998). Young Childrenand Technology. Paper Presented at the Forum on Early Childhood Science, Mathematics and Technology Education, 21.
Jalil, N., & Hawang, S. (2018). Penerapan Media Audio Visual (laptop) Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1), 30-37.