NASIONALISME DALAM NARASI CERITA FILM ANALISIS PENDEKATAN NARATIF TZVETAN TODOROV PADA FILM BACHARUDDIN JUSUF HABIBIE & HASRI AINUN BESARI

Authors

  • Ahmad Mubarok Universitas Negeri Semarang
  • Yusro Edi Nugroho Universitas Negeri Semarang
  • Teguh Supriyanto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v8i5.310

Keywords:

film, nasionalisme, cerita

Abstract

Film adalah produksi artistik yang menggabungkan unsur seni pertunjukan, seni visual, dan teknologi untuk menceritakan sebuah cerita melalui gambar bergerak. Sudut pandang film menentukan bagaimana pesan film tersebut dikomunikasikan kepada penontonnya. Alasannya karena cara suatu peristiwa atau narasi disajikan kepada penonton dalam sebuah film terkait langsung dengan kualitas penceritaannya. Tzvetan Todorov mengajukan konsep dongeng yang menyatakan bahwa setiap film dan narasi mempunyai fungsi. Film terpopuler di Indonesia saat ini adalah B.J Habibie & Ainun. Lebih dari 4,5 juta orang telah menonton Habibie & Ainun di bioskop, menjadikannya film terpopuler ketiga di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi arus bawah nasionalis dalam B.J. Habibie & Ainun dengan menganalisis adegan pembuka, tengah, dan penutup film tersebut melalui lensa teori konstruktivis dan metodologi penelitian kualitatif. Melalui kajian terbukti bahwa B.J. Habibie & Ainun mengangkat tema-tema nasionalis. Pada awal narasinya, individualisme dan kesuksesan merupakan inti dari nilai-nilai nasionalis. Persatuan, individualitas, kesetaraan, kebebasan, dan kesuksesan adalah kekuatan pendorong narasi. Kesatuan dan individualitas menang pada akhirnya.

References

Abdulgani, Roeslan. 2002. Nasionalisme Asia.Jakarta: Prapantja

Effendy, Onong Uchjana. 1986. Dinamika Komunikasi. Bandung: Penerbit Remadja Karya

Eriyanto. 2014. Analisis Naratif: Dasar-dasar dan penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Frederick Hertz, 2004. Nationality In History and Politics (1944). City Central Library, Hyderabad, No. 82869 Film Indonesia. 2016. Data Penonton. Diakses dari situs http://filmindonesia.or.id/movie/viewer/2 016. Pada tanggal 27 September 2016.

Gill Branston and Roy Stafford. 2003, The Media Student’s Book

Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Penelitian Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Pratista, Himawan, 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Senova, Annisa. 2012. Literasi Media Sebagai Strategi Komunikasi Tim Sukses Relawan Pemenangan Pemilihan Presiden Jokowi Jk Di Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi 4.2. Diakses dari http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/vi ew/7411

Sobur, Alex. 2014. Ensiklopedia Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sutadi, Heru. 2009. Sejarah Perkembangan FilmIndonesia. Diakses dari http://herusutadi.blogdetik.com/2009/10/12/sejarah-perkembangan-film- indonesia/. Pada tanggal 27 September 2016

Downloads

Published

2024-01-01