BENTUK MAJAS SINDIRAN DALAM ANTOLOGI PUISI PERJAMUAN KHONG GUAN KARYA JOKO PINURBO (KAJIAN STILISTIKA)

Authors

  • Miftachul Jannah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari
  • Alfian Setya Nugraha Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v7i2.53

Keywords:

majas sindirian, karya sastra, stilistika

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk majas sindiran dalam antologi puisi Perjamuan Khong Guan karya Joko Pinurbo menggunakan kajian stilistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif guna mendeskripsikan hasil analisis terhadap antologi puisi Perjamuan Khong Guan karya Joko Pinurbo. Berdasarkan hasil penelitian bentuk majas sindiran dalam antologi puisi Perjamuan Khong Guan ditemukan majas sindiran inuendo, majas sindiran ironi, majas sindiran permainan kata, majas sindiran sarkasme, serta majas sindiran sinisme. Dalam kajian stilistika, majas (gaya bahasa) merupakan suatu unsur pembangun nilai keindahan dalam suatu karya sastra khususnya puisi. Adapun objek antologi puisi Perjamuan Khong Guan dalam penelitian ini ditemukan bentuk majas sidiran dengan berbagai jenis diantaranya, majas sindiran inuendo, majas sindiran ironi, majas sindiran permainan kata, majas sindiran sarkasme, serta majas sindiran sinisme.

 

References

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Ardin, Anita Safitri, Gazali Lembah dkk. 2020. Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Puisi Perahu Kertas Karya Sapardi Djoko Damono (Kajian Stilistika). Jurnal Bahasa dan Sastra. 5 (4): 54-56. https://core.ac.uk/download/pdf/28971 3717.pdf

Fansori, Arina. 2017. Analisis Stilistika Pada Puisi Kepada Peminta-Minta Karya Chairil Anwar. DEIKSIS. 09 (01): 7-11. https://journal.lppmunindra.ac.id/index .php/Deiksis/article/view/884

Khairani, Sri, Supriadi, dkk. 2020. Mengenal LebihDekat “Puisi Rakyat”. Tuban: Spasi Media.

Nurmayani, Eva, dan Roqyal Aini. 2019. Bentuk Citraan Dalam Kumpulan Puisi Penangkar Bekisar karya Kiki Sulistyo: Kajian Stilistika. Jurnal Elkatarie Jurnal Ilmu Pendidikan danSosial. 1 (02): 22-25. https://doi.org/10.1234/elkatarie.v1i02 .3491

Pinurbo, Joko. 2020. Perjamuan Khong Guan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Stilistika Kajian

Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyono, Adhi. 2017. Gaya Bahasa Kumpulan Cerpen ‘Mata Yang Enak Dipandang’Karya Ahmad Tohari (Sebuah Kajian

Stilistika). STKIP Siliwangi Journals. 5 (2): 79-89. http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/ semantik/article/view/295

Septian, Dwi. 2020. Majas Dan Citraan DalamPuisi “Mishima” Karya GoenawanMohamad (Kajian Stilistika). JurnaSasindo Unpam. 8(1):16-23 http://openjournal.unpam.ac.id/index.p hp/Sasindo/article/view/5273/3741

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Miftachul Jannah, & Alfian Setya Nugraha. (2022). BENTUK MAJAS SINDIRAN DALAM ANTOLOGI PUISI PERJAMUAN KHONG GUAN KARYA JOKO PINURBO (KAJIAN STILISTIKA) . Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 7(2), 366–371. https://doi.org/10.36709/bastra.v7i2.53