KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS DRAMA “HIDUP ITU KOMEDI” SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BUNTAO’ TORAJA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v7i1.74Keywords:
faktor-faktor, kemampuan identifikasi, unsur-unsur teks dramaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks drama “Hidup Itu Komedi” siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buntao’ Toraja Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks drama “Hidup Itu Komedi” siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buntao’ Toraja Utara aspek tema mencapai 67,5%, aspek tokoh dan penokohan mencapai 95%, aspek amanat mencapai 37,5%, aspek latar mencapai 90%, aspek alur mencapai 90%, aspek dialog mencapai 55%, aspek bahasa mencapai 70%. Sedangkan total keseluruhan aspek mencapai 37,5%. Dari pernyataan tersebut, maka dapat disimpulkan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buntao’ Toraja Utara bahwa kemampuan
mengidentifikasi unsur-unsur teks drama “Hidup Itu Komedi” siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buntao’ Toraja Utara secara klasikal masuk dalam kategori tidak mampu, karena tidak mencapai 85% siswa yang mempunyai kemampuan >80%. Kesimpulan - Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran drama sebaiknya dilaksanakan secara proporsional antara teori dan praktik dalam menulis dan membaca drama. Dengan demikian secara intensif siswa akan terbiasa dan memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi drama. Dari tujuh aspek mengidentifikasi unsur-unsur drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buntao’ Toraja Utara pada aspek amanat memperoleh persentase kemampuan paling rendah. Untuk itu, perlu adanya latihan dan penjelasan materi yang intensif bagi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran drama, sehingga siswa dapat lebih mengerti mengenai unsur-unsur drama.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. ProsedurPenelitian Suatu Pendekta n PraktekEdisi Revisi V. Jakarta: RinekaCipta.
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Dimyati; Mudjiono. 2006. Belajar danPembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Egitama. 2017. Mari Mengenal Drama.Gilingan Surakarta: CV TeguhKarya.
Hamsah, Adjib. 1985:11. Pengantar Bermain Drama. Bandung: CVRosda.
Harymawan. 1993. Dramaturgi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia.Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemendikbud.
Kosasih, E. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulumdan Perbukuan, BalitbangKemendibud.
Mahsun. 2014. Teks dalam PembelajaranBahasa Indonesia Kurikulum 2013 Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.