MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KABANGKA TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Sartina Lasri Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo
  • Sulfiah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/bastra.v7i1.76

Keywords:

Bahasa Indonesia, minat belajar, kemampuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar minat belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kabangka terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 145. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa atau 35% dari populasi. Teknik pengampilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik undi. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara dan angket. Temuan/ Hasil - Ditinjau dari aspek 88,5% siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabangka berminat untuk belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, sedangkan 11,5% lainnya kurang/tidak mempunyai ketertarikan untuk belajar mata pelajaran bahasa Indonesia. Ditinjau dari aspek perasaan senang 79,83% siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabangka memiliki minat untuk belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, sedangkan 20,19% lainnya tidak senang dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Ditinjau dari aspek partisipasi 84,61% siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabangka berminat untuk belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, sedangkan 15,39% lainnya tidak memiliki ketertarikan untuk belajar mata pelajaran bahasa Indonesia. Ditinjau dari aspek perhatian 80,38% siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabangka berminat untuk belajar mata pelajaran bahasa Indonesia, sedangkan 15,38 lainnya tidak memiliki perhatian pada pembelajaran bahasa Indonesia. Ditinjau dari aspek motivasi 85,1% siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabangka berminat pada pembelajaran bahasa Indonesia, sedangkan 14,9% lainnya tidak/kurang memiliki motivasi
untuk belajar mata pelajaran bahasa Indonesia. Kesimpulan - Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabangka berminat untuk belajar mata pelajaran
bahasa Indonesia.

References

Djaali. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT BumiAksara.

Fauziah,dkk.2017. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang.Jurnal JPSD Vol. 4

No. 1 ISSN 2356-3869 (print), 2614-0136 (online). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/2459/2356 Tanggal akses 20 November 2019.

Hamalik, Oemar. 2017. Proses BelajaMengajar. Jakarta: PT BumiAksara

Khair, Ummul. 2018. PembelajaranBahasa Indonesia dan Sastra(Basastra) di SD dan MI. Jurnal

Pendidikan Dasar Volume 2Nomor 1

ISSN 2580

X.http://www.researchgate.net/

publication/326379824_Pembelaja

ran_Bahasa_Indonesia_dan_Sastra

_BASASTRA_di_SD_dan_MI.

Tanggal akses 6 November 2019

Noviyana. 2018. Minat Belajar Siswaterhadap Mata Pelajaran BahasaIndonesia Kelas X SMA Negeri 1Balaesang. Jurnal Bahasa dan Sastra Volume 3 Nomor 9 ISSN2302-2043. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/10059 Tanggal akses 6 November 2019.

Nurhasanah, Siti Dan A. Sobandi. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1, EISSN Xxxx Xxxx. Https://Ejournal. Upi. Edu/ Index. Php/ Jpmanper/3264/2338. Diakses Pada 10 Januari 2020.

Parwati, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2022-01-15

How to Cite

Sartina Lasri, & Sulfiah. (2022). MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KABANGKA TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 7(1), 72–76. https://doi.org/10.36709/bastra.v7i1.76