NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN UNSUR INTRINSIK DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY
DOI:
https://doi.org/10.36709/bastra.v7i2.99Keywords:
nilai pendidikan karakter, unsur interinsikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dan unsur intrinsik yang terdapat dalam Novel “Bidadari Bermata Bening” karya Habiburrahman El Shirazy. Metode penelitian yang digunakan adalah resensi Novel “Bidadari Bermata Bening” karya Habiburrahman El Shirazy. Lalu dianalisis menggunakan teori pendidikan karakter sehingga kita menemukan nilai-nilai dan pendidikan karakter yang ada di dalam novel tersebut. Terdapat delapan nilai-nilai pendidikan karakter, serta terpenuhinya semua unsur-unsur intrinsik dalam Novel “Bidadari Bermata Bening” karya Habiburrahman El Shirazy. Struktur novel Bidadari Bermata Bening terdiri dari tema, alur, tokoh dan penokohan, latar atau setting, dan sudut pandang. Masing-masing unsur tersebut memliki keterkaitan dengan unsur yang lain sehingga menjadikan novel “Bidadari Bermata Bening” karya Habiburrahman El Shirazy sebagai karya sastra yang baik. Keterpaduan tersebut memberikan pemahaman yang utuh bagi para pembaca. Novel “Bidadari Bermata Bening” juga mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dan dapat dikatakan sebagai karya sastra yang dulce et utile, yaitu menghibur dan mendidik.
References
Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka
Esten, Mursal. (1978). Kesusastraan (Pengantar, Teori, dan Sejarah). Bandung:Angkasa.
Emzir & Saifur R. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fananie, Zainuddin. 2000. Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University perss.
Kharimah, Suri. 2019. Analisis Novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy: Studi Wacana Kritis Van Dijk.
Muin, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rahmah Novia Bastian, dkk. 2019. Kajian Psikologi Sastra Novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy dan Nilai Pendidikan Karakter Tokoh dalam Perspektif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia universitas Sebelas Maret.
Ratna, N.K. 2004. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2002. Kritik sastra Modern. Yogyakarta: Gama Media.
Teeuw, A. 2015. Sastra dan Ilmu sastra: Pengantar teori Sastra. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.
Wibowo, A. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.